Gubernur Khofifah Pastikan JLS di Tulungagung Segera Rampung

Hilda Meilisa - detikNews
Senin, 14 Sep 2020 20:48 WIB
gubernur khofifah
Khofifah di lokasi proyek Lot 6 JLS (Foto: Istimewa)
Tulungagung -

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meninjau pengerjaam proyek jalan Lot 6 Jalur Lintas Selatan (JLS) yang berada di Kabupaten Tulungagung. Khofifah memastikan proyek ini bisa segera rampung dan meningkatkan perekonomian masyarakat.

Diketahui, Jalan Lot 6 JLS ini terbentang mulai dari Prigi hingga BTS. Jalurnya yakni mulai dari Tulungagung menuju Klatak hingga Brumbun dengan panjang mencapai 17,78 km.

Khofifah mengatakan proyek pembangunaan JLS Lot 6 ini rencanaanya akan selesai pada April 2023. Keberadaan JLS diharapkan bisa menjadi daya ungkit keseimbangan pembangunan wilayah utara dan selatan Jatim. Apa lagi saat ini Bandar Udara Kediri sudah tahap groundbreaking.

"Jika JLS Lot 6 dan 7 selesai, diharapkan semua sektor bisa didorong dari sini supaya bisa bersambung upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia serta pertumbuhan ekonomi di Jatim," kata Khofifah dalam siaran pers yang diterima detikcom di Surabaya, Senin (14/9/2020).

Ruas jalan JLS ini juga penting untuk menjadi akses di kawasan Tulungagung-Trenggalek. Ruas jalan ini juga mempermudah akses koneksitas wisata pantai di selingkar Wilis, khususnya wilayah Tulungagung dan Trenggalek.

Di antaranya, Pantai Klatak, Pantai Gemah, Pantai Kutang, dan Pantai Sine di Tulungagung serta pantai Prigi di Trenggalek seiring dengan pengembangan pelabuhan di pansela.

Di kesempatan ini, Khofifah juga menyempatkan diri meninjau langsung Pantai Klatak yang dilewati JLS. Menurutnya, JLS menjadi bagian penting dari format RPJMD Provinsi Jatim yaitu pembangunan berbasis kewilayahan.

Saat meninjau, Khofifah melihat progress pengerjaan terus berlangsung. Sejumlah alat berat juga tampak di beberapa titik dalam pengerjaan proyek.

Selanjutnya
Halaman
1 2