Melihat Perawatan Pasien COVID-19 di Mojokerto yang Sembuh 5-7 Hari

Enggran Eko Budianto - detikNews
Sabtu, 26 Sep 2020 09:26 WIB
polres mojokerto
Polisi saat memberikan bantuan di Puskesmas Gondang (Foto: Enggran Eko Budianto)
Mojokerto -

Pasien positif COVID-19 tanpa gejala dirawat di tempat khusus di Puskesmas Gondang, Kabupaten Mojokerto. Di rumah isolasi khusus orang tanpa gejala (OTG) ini, pasien rata-rata sembuh dari Corona dalam 5-7 hari.

"Rata-rata waktu kesembuhan 5-7 hari. Yang punya penyakit bawaan seperti diabetes dan darah tinggi lebih lama, sampai 7 hari baru kami swab hasilnya negatif," kata Koordinator rumah isolasi khusus OTG dokter Irsyad Herminofa, Sabtu (26/9/2020).

Saat ini terdapat 19 pasien positif COVID-19 tanpa gejala klinis yang diisolasi di tempat ini. Mereka mendapatkan dua macam terapi dari para tenaga medis. Terapi pengobatan berupa pemberian suplemen probiotik dan vitamin C dosis tinggi.

"Kami juga memberi terapi psikis. Kita ketahui psikis 70 persen untuk imunitas. Kami jadwalkan setiap pagi olahraga, berjemur dan kami ajak berinteraksi sebagai terapi psikis," terangnya.

Bantuan treatment bagi para pasien di rumah isolasi khusus OTG juga datang dari Polres Mojokerto. Polisi juga menyalurkan bantuan bagi para tenaga kesehatan yang merawat pasien di tempat ini. Bantuan diserahkan langsung Kapolres Mojokerto AKBP Dony Alexander bersama Kodim 0815.

"Kami hadir untuk memberikan dukungan ke tim medis dengan memberi bantuan vitamin C dan susu. Ditambah bantuan obat-obatan dari Bapak Kapolda Jatim untuk pasien COVID-19," jelas Dony.

Dony menambahkan Satga Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Mojokerto melarang para pasien OTG isolasi mandiri di rumah. Pihaknya mengarahkan pasien ke rumah isolasi khusus pasien COVID-19 tanpa gejala klinis di belakang Puskesmas Gondang. Seperti hari ini ada 4 OTG yang dibawa ke rumah isolasi tersebut.

"Supaya treatment bisa kami pantau, bisa kami beri perawatan yang maksimal agar bisa segera sembuh. Kami berharap tingkat kesembuhan meningkat sehingga kasus kematian bisa ditekan," tandas Dony.

Tonton video 'Melihat dari Dekat RSD Covid-19 Wisma Atlet':

[Gambas:Video 20detik]



(iwd/iwd)