Kawula Muda Nongkrong di Surabaya Mendadak Di-rapid Test On The Spot

Deny Prastyo Utomo - detikNews
Jumat, 25 Sep 2020 22:11 WIB
rapid test on the spot
Kawula muda yang nongkrong dirapid test on the spot (Foto: Deny Prastyo Utomo)
Surabaya -

Ratusan kawula muda Surabaya yang nongkrong di Jalan Ketabang Kali di-rapid test on the spot oleh petugas gabungan Satpol PP Kota Surabaya, BPB Linmas, Polisi dan TNI serta Dinas Kesehatan Kota Surabaya. Mereka tidak bisa berkutik saat petugas secara mendadak mendatangi lokasi.

Dari pantuan detikcom, sekitar pukul 19.25 WIB ratusan muda mudi sudah duduk di kursi yang disiapkan. Mereka menunggu antrean untuk dilakukan rapid test.

Selain di Jalan Ketabang Kali yang terdapat beberapa kedai kopi tersebut, petugas juga menyisir warkop-warkop yang berada di seberang Kalimas. Sedangkan Jalan Ketabang Kali diblokade oleh petugas di dua sisi jalan, semuanya tidak bisa lari dari sergapan petugas.

Melihat keramaian, seorang pengendara motor justru nekat menerobos blokade. Alih-alih mencari jalan keluar, pengendara tersebut malahan terjebak dan diminta untuk melakukan rapid test. Sempat terjadi perdebatan antara pengendara dan petugas. Bahkan pegendara tersebut mencoba menerobos keluar dengan motornya namun kembali diblokade petugas.

"Saya mau mencari jalan kok malah disuruh rapid itu gimana, suruh mbayar nggak mau saya," kata pengendara tersebut di Jalan Ketabang Kali, Jumat(25/9/2020).

"Ini prosedur kita bapak, nuwun sewu untuk mengantisipasi penyebaran virus corona. Nuwun sewu, gratis bapak. Kalau ada yang menarik biaya silakan catat nama saya," jelas petugas.

Kepala Satpol PP Kota Surabaya Eddi Christijanto mengatakan razia terus dilakukan di semua titik yang menjadi pusat tongkrongan di Surabaya.

"Ini hari keempat. Kita lakukan di daerah Ketabang. Karena di sini merupakan tempat Kumpulnya anak-anak muda. Kita survei memang tempat anak-anak muda. Termasuk Sentra PKL di seberang sungai," kata Eddi.

Selanjutnya
Halaman
1 2