Cegah Klaster Baru, Karyawan Pabrik Rokok di Bondowoso Di-rapid Test

Chuk S Widarsha - detikNews
Kamis, 24 Sep 2020 13:51 WIB
karyawan pabrik rokok di bondowoso
Karyawan pabrik rokok di Bondowoso dirapid test (Foto: Chuk S Widarsha)
Bondowoso -

Puluhan karyawan sebuah pabrik rokok di Bondowoso tetiba menjalani rapid test di tempat kerjanya. Rapid test dilakukan secara acak pada sejumlah karyawan.

Satgas Percepatan Penanganan COVID-19 Bondowoso menegaskan, langkah itu dilakukan untuk memastikan sejauh mana perusahaan itu menerapkan protokol kesehatan. Pun mendeteksi dini terjadinya klaster perusahaan.

"Kita sama-sama tahu kan. Di beberapa perusahaan rokok di daerah lain terjadi klaster baru," jelas Sekretaris BPBD Bondowoso, Adi Sunaryadi, ditemui di lokasi, Kamis (24/9/2020).

Adi memaparkan dari rapid test itu jika memang ada yang reaktif, langsung dilakukan swab. Sehingga dapat segera diantisipasi. Termasuk menentukan langkah preventif selanjutnya.

"Alhamdulillah, untuk di pabrik ini nihil. Kami akan lakukan ke perusahaan lainnya," tandas Adi Sunaryadi.

Di kabupaten Bondowoso memang terdapat sejumlah perusahaan rokok dan tembakau. Baik dalam skala kecil hingga menengah. Sebagian merupakan pabrik rokok, serta gudang pengolahan tembakau. Perusahaan itu memang menyerap banyak tenaga kerja.

Pantauan detikcom di lokasi, satu persatu karyawan pabrik rokok cap Gagak Hitam yang memang berasal dari beberapa wilayah tersebut dites rapid oleh tim medis dari Satgas Percepatan Penanganan COVID-19.

Rapid test dilakukan secara acak pada beberapa bagian di perusahaan yang terletak di Maesan itu. Mulai dari karyawan bagian linting, pengepakan, hingga bagian administrasi. Termasuk satpam maupun pergudangan.

(iwd/iwd)