Pabrik Rokok di Sumenep Ditutup Sementara, Ratusan Karyawan Dites Swab

Ahmad Rahman - detikNews
Rabu, 24 Jun 2020 14:03 WIB
pabrik rokok di sumenep ditutup
Karyawan reaktif yang dites swab (Foto: Ahmad Rahman)
Sumenep -

Setelah dilakukan penutupan sementara, karyawan pabrik rokok PT Tanjung Odi yang reaktif dites swab. Sebelumnya pabrik rokok ini ditutup karena 9 karyawannya positif COVID-19.

Tes swab massal tersebut dilakukan secara mandiri oleh pihak perusahaan dengan mendatangkan tim medis sebanyak 13 orang dari Kediri. Karyawan yang menjalani tes swab sebanyak 101 orang. Mereka merupakan sisa dari 168 karyawan yang reaktif dan sebagian sudah dilakukan tes swab oleh tim COVID Sumenep.

"Kami dari perusahaan melakukan tes swab menindak lanjuti karyawan yang reaktif," kata Penanggung jawab PT Tanjung Odi Ricky Cahyo, Rabu (24/6/2020).

"Kalau yang hadir saat ini kurang lebih seratus satuan, karena memang untuk beberapa sudah dilakukan pengecekan oleh labkesda oleh gugus COVID Sumenep," terang Ricky.

PT Tanjung Odi memiliki karyawan sekitar 1.865 karyawan. Setelah dilakukan rapid test terhadap semua karyawan, ditemukan 168 orang hasilnya reaktif sehingga langsung diistirahatkan dan menjalani isolasi mandiri.

Meski pihak perusahaan sudah memerintahkan melakukan isolasi mandiri di rumah bagi karyawan yang reaktif, namun karena khawatir menularkan kepada warga lainnya, tim COVID Sumenep akhirnya melakukan swab terhadap 20 orang yang dilakukan secara acak.

Setelah hasil swab keluar, ada 9 orang di antara 20 orang tersebut hasilnya positif. Mereka yang positif langsung diisolasi di RSUD Moh. Anwar Sumenep.
Terhitung sejak tanggal 23 juni 2020 sampai 14 hari ke depan PT Tanjung Odi diperintahkan untuk tutup.

Tonton juga video 'Mesin Terbatas, Tak Direkomendasikan Semua Orang Tes PCR':

(iwd/iwd)