Pengundian Nomor Urut di Trenggalek, Paslon dan Timses Wajib Bebas COVID-19

Adhar Muttaqin - detikNews
Rabu, 23 Sep 2020 15:12 WIB
Pengundian Nomor Urut Paslon Kepala Daerah Trenggalek
KPU Trenggalek (Foto: Adhar Muttaqin/detikcom)
Trenggalek -

KPU Trenggalek mewajibkan seluruh tamu undangan pengundian nomor urut pasangan kepala daerah di Pilkada 2020 melakukan tes swab dan negatif COVID-19. Sebelumnya pendaftaran calon kepala daerah sempat ada seorang kandidat positif COVID-19.

Dampaknya KPU Trenggalek harus memperpanjang tahap tes kesehatan guna memfasilitasi penyintas COVID-19. Beruntung kandidat yang sebelumnya dinyatakan terpapar COVID-19 itu segera sembuh dan negatif. Sehingga bisa dilakukan pemeriksaan kesehatan sebelum tanggal penetapan calon.

Ketua KPU Trenggalek Gembong Derita Hadi, mengatakan syarat wajib tes swab atau Polymerase Chain Reaction (PCR) dilakukan sesuai dengan rekomendasi Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) COVID-19 Trenggalek. Selain itu petugas KPU juga akan menerapkan protokol kesehatan secara ketat, guna meminimalisir potensi penyebaran virus Corona.

"Pengundian nomor urut besok 24 September 2020, kami laksanakan pukul 13.00 WIB di Hotel Hayam Wuruk. Di pengundian, kami direkomendasikan gugus tugas harus swab, difasilitasi pemkab," kata Gembong di kantor KPU Jalan Raya Trenggalek - Ponorogo KM 3, Kranding, Tamanan, Rabu (23/9/2020).

Menurutnya, KPU juga membatasi jumlah peserta yang hadir. Masing-masing paslon kepala daerah hanya diperkenankan membawa 20 orang. Untuk menghadapi tahapan pilkada tersebut puluhan pegawai dan komisioner KPU Trenggalek telah menjalani pemeriksaan swab di RSUD dr Soedomo Trenggalek.

Selanjutnya
Halaman
1 2