KPU Jatim Sebut Jumlah Calon Kepala Daerah Positif COVID Tinggal 1 Orang

Amir Baihaqi - detikNews
Selasa, 22 Sep 2020 22:01 WIB
Komisioner KPU Jatim Insan Qoriawan
Anggota Bidang Teknis dan Penyelenggaraan KPU Jatim Insan Qoriawan (Foto: Hilda Meilisa Rinanda)
Surabaya -

KPU RI menyebut jumlah bakal calon kepala daerah peserta Pilkada 2020 yang terkonfirmasi positif COVID-19 tinggal 13 orang. Tiga orang di antaranya dari Jatim.

Tiga bakal kepala daerah yang positif COVID dari Jatim yakni bakal calon wakil kepala daerah Sidoarjo, bakal calon kepala daerah Kota Surabaya, dan bakal calon kepala daerah Malang dari jalur independen.

Anggota Bidang Teknis dan Penyelenggaraan KPU Jatim Insan Qoriawan mengatakan ada kesalahan data yang disampaikan KPU RI. Sebab dari empat orang yang dinyatakan positif COVID-19, tiga di antaranya sudah dinyatakan sembuh. Atas kesalahan data itu, lanjut Insan, KPU Jatim mengaku sudah membuat laporan.

"Saya sudah melaporkan ke KPU RI, dari empat orang yang terkonfirmasi positif COVID-19 (di Jatim) tiga sudah dinyatakan sembuh. Dan kita sudah laporan ke atas. Jadi tinggal satu yang belum sembuh. Itu yang di Malang," beber Insan kepada detikcom, Selasa (22/9/2020).

"Saya tidak tahu sendiri data yang ada di KPU RI. Ya mungkin keliru. Tapi sudah kami update ke pusat," imbuh Insan.

Sedangkan untuk penetapan pasangan calon, terang Insan, akan dilakukan Rabu (23/9). Penetapan dilakukan bagi pasangan calon yang sudah melakukan pemeriksaan kesehatan dan telah dinyatakan memenuhi persyaratan.

Namun bagi pasangan calon yang belum melakukan pemeriksaan kesehatan dan memenuhi persyaratan verifikasi akan dilakukan dengan jadwal sendiri. Saat ini ada 2 pasangan calon yang belum bisa mengikuti penetapan calon yakni di Malang dan Sidoarjo.

Selanjutnya
Halaman
1 2