8 Kecamatan di Lamongan Terdampak Kekeringan Akibat Kemarau

Eko Sudjarwo - detikNews
Jumat, 18 Sep 2020 14:49 WIB
Wilayah yang terdampak kekeringan akibat kemarau di Lamongan bertambah. Data terbaru, krisis air bersih melanda 16 desa di 8 kecamatan.
Pendistribusian air bersih bagi warga yang terdampak kekeringan/Foto: Eko Sudjarwo

Hari ini, BPBD bersama OPD terkait di Lamongan melakukan pendistribusian air bersih bagi warga yang terdampak kekeringan. Sebanyak 15 armada dikerahkan untuk mendistribusikan air bersih kepada warga terdampak.

"Kami melakukan penyaluran air ini ke wilayah terdampak untuk meringankan beban hidup, dan terpenuhinya kebutuhan dasar akan air bersih bagi masyarakat yang terdampak bencana kekeringan hidrometerologis ini," tuturnya.

Bupati Lamongan Fadeli berharap, penyaluran air bersih ini bisa meringankan beban kebutuhan dasar akan air bersih bagi 16 desa yang terdampak kekeringan. Ia juga berharap agar pendistribusian air bersih ini tetap memperhatikan protokol kesehatan karena masih di masa pandemi COVID-19.

"Saya berharap agar setiap hari satu armada bisa 2-3 kali memberikan penyaluran air bersih di satu desa, yang terdampak bencana kekeringan ini," kata Fadeli.

Belasan mobil tangki yang diberangkatkan tersebut, selain mobil tangki milik BPBD Lamongan, juga terdapat mobil tangki milik Dinas Perkim, Dinas LH dan Satpol PP Lamongan. "Mudah-mudahan distribusi air bersih ini bermanfaat bagi warga masyarakat yang membutuhkan," pungkas Fadeli.

Halaman

(sun/bdh)