Masih 214 Km yang Belum Tersentuh Pembangunan Jalur Pantai Selatan

Adhar Muttaqien - detikNews
Minggu, 13 Sep 2020 21:51 WIB
jalur pantai selatan
214 km belum tersentuh pembanguan jalur pantai selatan (Foto: Istimewa)
Trenggalek -

Pemerintah terus menggenjot pembangunan jalur Pantai Selatan (Pansela) di sepanjang pesisir Jawa Timur. Saat ini tinggal 214 kilometer yang belum tersentuh pembangunan.

Plh Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Jawa Timur Bali, Sodeli, mengatakan saat ini pihaknya tengah melaksanakan empat paket pekerjaan pembangunan yang dibiayai Islamic Development Bank (IsDP), yakni lot 6 di Trenggalek hingga batas Tulungagung. Lot 7 mulai batas Tulungagung-Serang hingga batas Kabupaten Malang. Lot 8 Jember dan lot 9 di Malang.

"Lot 8 itu di Jember dan lot 9 di Malang, itu juga sudah berjalan, kemudian yang lot 8 itu progres sudah jalan 42 persen," kata Sodeli, Minggu (13/9/2020).

Menurut SOdeli, selain dari pembiaayaan IsDP, pemerintah juga memanfaatkan dana APBN, meskipun ruas yang dibangun sangat terbatas. Karena harus menyesuaikan dengan kemampuan keuangan negara.

"Yang bersumber dari APBN masih jalan terus, walaupun memang hanya enam kilometer, dua kilometer. Jadi sesuai dengan kondisi keuangan. Meskipun sedikit-sedikit bisa semoga bisa nyambung 684 kilometer," ujarnya.

Sodeli mengakui dari ruas sepanjang 684 kilometer, terdapat 214 kilometer yang belum tersentuh pembangunan. Rencananya ruas tersebut akan diusulkan untuk masuk dalam program pembangunan secara bertahap mulai 2021 mendatang.

"214 kilometer tadi yang sisa, yang masih diusulkan 2021 dan selanjutnya sedang kami usulkan. Kalau target penyelesaian 684 kilometer, kalau lancar ya lima tahun. Jadi ya 2024 atau setelah itu," imbuhnya.

Sodeli mengatakan khusus untuk pembangunan jalur Pansela di wilayah Tulungagung dan Trenggalek saat ini terdapat dua seksi yang sedang dalam tahap pembangunan, yakni lot 6 mulai dari Prigi-batas Tulungagung-Klatak-Brumbun sepanjang 17,78 Kilometer, serta lot 7 batas Tulungagung-Sedang hingga batas Malang sepanjang 12,85 Kilometer.

Selanjutnya
Halaman
1 2