Guru Disalahkan soal Logo PDIP Jadi Lambang Sila Ke-4, Ini Komentar Pakar

Amir Baihaqi - detikNews
Kamis, 10 Sep 2020 13:54 WIB
logo ke empat pancasila
Logo PDIP muncul di sila keempat Pancasila (Tangkapan Layar)
Surabaya -

Pakar Pendidikan Surabaya Isa Ansori menilai pihak televisi lokal SBO TV yang menyalahkan guru soal logo PDIP jadi lambang sila keempat Pancasila dalam belajar daring, tidak tepat. Isa kemudian menegaskan bahwa kesalahan seluruhnya ada di Dinas Pendidikan.

Isa menganalogikan Afita Nurul Aini sebagai guru yang mengampu belajar daring di SBO TV adalah seorang prajurit. Dan menurutnya seorang prajurit tidak pernah salah.

"Itu ndak mungkin. Prajurit itu tidak salah. Yang salah kan tetap panglimanya. Dalam konteks ini tayangan itu panglimanya adalah Dinas Pendidikan itu," tegas Isa saat berbincang dengan detikcom, Kamis (10/9/2020).

Adapaun kesalahan Dinas Pendidikan itu, lanjut Isa, yakni salah memilih orang dan tidak melakukan cek dan ricek materi presentasi secara detail sebelumnya. Untuk itu, ia menilai dalam hal ini wali kota Surabaya harus berani memberi teguran keras kepada Dinas Pendidikan.

"Wali kota harus memberi teguran yang keras. Karena ini kecerobohan dan kaitannya dengan lambang negara dan sifatnya nasional. Bahwa sila keempat itu lambangnya begini tapi kemudian yang terjadi tanpa cek dan ricek dari Dinas Pendidikan sebagai penanggung jawab," jelasnya.

"Dan menurut saya ini yang harus dievaluasi ke depan jangan sampai seperti itu. Maka Dinas Pendidikan harus terlibat dalam editing akhir sebelum ditayangkan," imbuhnya.

Tonton juga 'Penjelasan SBO TV soal Logo PDIP Jadi Lambang Sila ke-4 saat Belajar Daring':

[Gambas:Video 20detik]