Polisi Belum Dilapori Soal Viral Logo PDIP Jadi Lambang Sila Keempat

Deny Prastyo Utomo - detikNews
Rabu, 09 Sep 2020 21:13 WIB
pdip
Foto: Tangkapan layar
Surabaya -

Dijadikannya logo PDIP sebagai lambang sila keempat saat belajar daring akan dilaporkan polisi. Namun polisi belum mendapat laporan tersebut.

"Belum ada laporan, nanti saya cek," kata Kasat Reskrim Polrestabes Surabaya AKBP Sudamiran saat dikonfirmasi detikcom, Rabu (9/9/2020).

Pelaporan sendiri akan dilakukan oleh Jaringan Pemantau dan Riset Indonesia (Japri) Jatim. Pelaporan dilakukan karena digantinya lambang sila keempat dengan logo PDIP, dianggap telah melecehkan simbol negara.

"Ini bisa dikategorikan pelecehan terhadap simbol negara, jangankan kepada Garuda, presiden dilecehkan saja ada undang-undangnya, apalagi ini. Minimal ini jadi pelajaran agar lebih hati-hati dan kita jaga bersama," ungkap koordinator Japri Jatim, Zainuddin.

Selain pelaporan ke polisi, Japri Jatim juga akan melakukan pelaporan ke ombudsman.

Viralnya kasus ini diketahui dari cuitan di twitter yang memperlihatkan logo PDIP jadi lambang sila keempat pancasila saat pembelajaran daring yang ditayangkan SBO TV. SBP TV sendiri mengakui adanya kesalahan itu.

Namun SBO tidak tahu menahu tentang kejadian itu karena materi semuanya dari pihak guru. Dispendik Surabaya dan guru yang ada di acara tersebut sudah mengakui kesalahan tersebut dan sudah meminta maaf.

(iwd/iwd)