Logo PDIP Jadi Lambang Sila Ke-4, Pakar Sebut Tak Cukup Minta Maaf

Amir Baihaqi - detikNews
Rabu, 09 Sep 2020 17:11 WIB
logo ke empat pancasila
Logo PDIP muncul di sila keempat Pancasila (Tangkapan Layar)
Surabaya -

Cuitan di twitter tentang simbol Pancasila sila ke-4 yang bergambar lambang banteng khas PDIP, viral di medsos. Logo PDIP muncul dijadikan lambang sila keempat dalam program belajar daring yang disiarkan SBO TV.

Pakar Pendidikan Surabaya Isa Ansori menilai kejadian itu sebagai sebuah kecerobohan yang dilakukan Dinas Pendidikan. Sebab, materi yang dipresentasikan guru tidak melalui kroscek terlebih dahulu.

"Ini kan acaranya Dinas Pendidikan. Nah ini menurut saya karena ini acaranya Dinas Pendidikan ini menunjukkan ada kecerobohan yang dilakukan Dinas Pendidikan," tegas Isa kepada detikcom saat dikonfirmasi, Rabu (9/9/2020).

"Dinas Pendidikan tanpa melakukan editing terakhir terhadap hal-hal yang akan disiarkan itu yang kemudian menjadi persoalan," tambahnya lagi.

Selain kecerobohan dalam hal teknis, lanjut Isa, dalam kejadian itu terjadi kesalahan dalam menafsirkan lambang sila dalam Pancasila. Dan itu menunjukkan lemahnya Dinas Pendidikan dalam membangun nasionalisme.

"Ini kan bukan persoalan yang muncul itu gambar siapa. Tapi kan ini salah melambangkan sila Pancasila. Sehingga ini menunjukkan kepekaan Dinas Pendidikan untuk membangun nasionalisme itu kan lemah kelihatannya," jelasnya.

Tonton video 'Penjelasan SBO TV soal Logo PDIP Jadi Lambang Sila ke-4 saat Belajar Daring':

[Gambas:Video 20detik]