Logo PDIP Jadi Lambang Sila Keempat Saat Belajar Daring, Guru Pemateri Minta Maaf

Esti Widiyana - detikNews
Rabu, 09 Sep 2020 13:37 WIB
Guru SDN Tembok Dukuh IV, Afita Nurul Aini angkat bicara. Ia merupakan guru dalam video viral logo PDIP di gambar sila keempat Pancasila.
Guru SDN Tembok Dukuh IV, Afita Nurul Aini/Foto: Esti Widiyana
Surabaya -

Guru SDN Tembok Dukuh IV, Afita Nurul Aini angkat bicara. Ia merupakan guru dalam video viral 'logo PDIP di gambar sila keempat Pancasila'.

Ia memberikan materi pada Selasa (8/8), dalam belajar daring yang disiarkan stasiun televisi lokal, SBO TV. Video itu viral karena muncul logo PDIP sebagai lambang sila keempat Pancasila yang tengah ia ajarkan.

Afita mengatakan, logo partai politik itu muncul karena adanya kelalaian dan ketidaksengajaan. "Saya Afita, guru SDN Tembok Dukuh IV, kemarin melakukan kelalaian tanpa saya sengaja. Saya memasukkan gambar yang tidak sesuai dengan materi yang saya ajarkan," kata Afita kepada wartawan di Humas Pemkot Surabaya, Rabu (9/9/2020).

Afita menjelaskan, dirinya merupakan guru pengganti. Maka pada Sabtu (5/9), ia menyiapkan materi untuk Selasa (8/9).

Pada Hari Sabtu itu dia hanya membuat materi secara garis besar saja. Lalu dia setorkan ke Dispendik Kota Surabaya. Setelah di-cross check ternyata materi belum lengkap dan harus dilengkapi.

"Kesalahan saya, saya lengkapi hari Senin (7/9) dan di hari Senin itu saya kurang konsentrasi, kurang teliti. Sehingga gambar yang dimasukkan kurang tepat atau salah," imbuhnya.

Simak video 'Kata Dinas Pendidikan soal Sila Keempat Pancasila Jadi Logo PDIP':

[Gambas:Video 20detik]