Guru Besar Unair Meninggal COVID-19 Akan Mengisi Webinar Penanganan Corona

Faiq Azmi - detikNews
Senin, 07 Sep 2020 19:28 WIB
Guru Besar Unair yang Meninggal COVID-19 Akan Mengisi Webinar Penanganan Corona
Foto: Tangkapan Layar
Surabaya -

Guru besar Universitas Airlangga (Unair), Prof Dr Boediwarsono SpPD K-HOM meninggal karena COVID-19 di RS Darmo Surabaya, Minggu (6/9). Sebelum wafat, dokter yang merawat mantan Menteri BUMN Dahlan Iskan ini kerap mengisi webinar soal merawat pasien COVID-19.

"Beliau sering mengisi seminar. Dalam waktu ini, beliau sebenarnya juga dijadwalkan mengisi webinar tentang pengalamannya merawat pasien COVID-19," kata Anggota Gugus Kuratif Percepatan Penanganan COVID-19 Jawa Timur, dr Makhyan Jibril kepada detikcom, Senin (7/9/2020).

Jibril menunjukkan dokumen berisi materi yang biasa disampaikan almarhum yang juga berpraktek di Jalan Diponegoro. Dokter nyentrik berpenampilan mirip musisi Elvis Presley tersebut memberikan beberapa tips sehat menghadapi COVID-19.

Mulai bangun pagi, beribadah, menghirup udara segar. Kemudian mencari udara segar, sambil berolahraga. Lalu makan makanan bergizi dengan kadar gula, garam dan lemak yang tidak banyak. Tak lupa, almarhum Boediwarsono berpesan agar selalu berpikir positif, tenang dan tidak stres berkepanjangan.

Di dalam materi milik Almarhum Boediwarsono juga menyebut COVID-19 bisa sembuh sendiri. Untuk terapi, hanya berlaku bagi pasien yang memiliki penyakit komplikasi.

Almarhum Boediwarsono juga menyampaikan bahwa orang sehat yang terpapar COVID-19 alias Orang Tanpa Gejala (OTG) cukup isolasi mandiri selama 10 hari sejak terdeteksi positif menggunakan mesin PCR. Setelah 10 hari, OTG dinyatakan sembuh dan bisa menjalankan aktivitas sehari-hari tanpa takut menularkan virus.

Selanjutnya
Halaman
1 2