Guru Besar Unair yang Meninggal Karena COVID-19 Ikut Rawat Pasien Corona

Faiq Azmi - detikNews
Minggu, 06 Sep 2020 14:24 WIB
dokter meninggal
Foto: Istimewa
Surabaya -

Guru besar Universitas Airlangga Prof Dr Boediwarsono Sp. PD K-HOM meninggal dunia di Rumah Sakit Darmo Surabaya pada Minggu (6/9). Almarhum Boediwarsono diketahui ikut merawat pasien COVID-19.

"Beliau ikut merawat pasien COVID-19, tapi sebagai supervisinya," kata Anggota Gugus Kuratif Percepatan Penanganan COVID-19 Jawa Timur, dr Makhyan Jibril saat dikonfirmasi detikcom, Minggu (6/9/2020).

Supervisi sendiri, dijelaskan Jibril yakni sebagai pengawas perawat dan dokter yang praktik langsung bertemu dan merawat pasien.

"Beliau merawat sebagai penanggung jawab di satu rumah sakit. Jadi bukan yang turun langsung, tapi bertanggung jawab dalam perawatan pasien COVID-19. Ada muridnya yang turun langsung," jelas Jibril.

Diketahui Guru besar Universitas Airlangga Surabaya spesialis penyakit dalam khusus kanker, Prof Dr Boediwarsono Sp. PD K-HOM meninggal karena penyakit penyerta serta dinyatakan positif COVID-19.

Boediwarsono meninggal di Rumah Sakit Darmo Surabaya pada Minggu (6/9). Jenazah sebelum diantar ke peristirahatan terakhir sempat disalatkan oleh beberapa perawat dan petugas RS Darmo Surabaya dengan protokol COVID-19.

Simak video '100 Dokter Indonesia Telah Gugur Akibat Corona':

[Gambas:Video 20detik]



(iwd/iwd)