Rekomendasi PKB Patahkan Asumsi Petahana Jadi Calon Tunggal di Pilbup Blitar

Erliana Riady - detikNews
Senin, 31 Agu 2020 18:35 WIB
PKB memberikan rekomendasi kepada
Rini Syarifah-Santoso. Rekomendasi ini otomatis mematahkan asumsi petahana bakal menjadi calon tunggal dalam Pilbup Blitar 2020.
Rini Syarifah-Santoso/Foto: Istimewa
Blitar -

PKB memberikan rekomendasi kepada Rini Syarifah-Santoso. Rekomendasi ini otomatis mematahkan asumsi petahana bakal menjadi calon tunggal dalam Pilbup Blitar 2020.

Sekretaris DPC PKB Kabupaten Blitar, Imron Rosyadi membenarkan soal rekomendasi tersebut. Rekomendasi PKB diberikan usai mereka berdua menerima tausiah dan baiat dari para kiai NU di Ponpes Lirboyo Kediri, Minggu (30/8/2020).

"Iya benar, rekom dari PKB diberikan kepada Mak Rini sama Santoso. Mak Rini sebagai Calon Bupati Blitar dan Santoso sebagai wabupnya," kata Imron saat dikonfirmasi detikcom, Senin (31/8/2020).

Mak Rini merupakan putri dari almarhum KH Musa Ismail, kiai sepuh yang juga deklarator PKB di Blitar. Rini lebih dikenal sebagai pengusaha toko buku di Blitar. Keluarga Rini disebut kenal dekat dengan Ketum PKB, Muhaimin Iskandar, karena sebagai sesama santri jaringan Pondok Pesantren PETA (Pesulukan Thoriqot Agung) Kabupaten Tulungagung.

Sedangkan Santoso merupakan figur baru yang mendadak dimunculkan oleh PKB. Informasi yang berkembang, Santoso merupakan lawyer kelahiran Blitar, tapi menetap di Surabaya. Imron mengaku belum mengetahui secara detail sosok pasangan yang akan mendampingi Mak Rini di Pilbup Blitar ini.

Selain PKB, bapaslon ini kabarnya juga telah mendapatkan rekomendasi dari PAN. Yakni beredarkan foto Surat Keputusan DPP PAN No PAN/A/Kpts/KU-5J/288/VIII/2020 yang ditandatangani Ketum PAN, Zulkifli Hasan dan Sekjen, Eddy Soeparno tertanggal 28 Agustus 2020. Dalam surat tersebut dituliskan persetujuan kepada cabup dan cawabup Kabupaten Blitar kepada pasangan Rini Syarifah-HR Santoso.

Selanjutnya
Halaman
1 2