Ini Solusi 3 Ribu Pemilih Pemula di Pilbup Blitar yang Belum Rekam e-KTP

Erliana Riady - detikNews
Senin, 24 Agu 2020 16:57 WIB
kpu blitar
KPU Blitar (Foto: Erliana Riady)
Blitar -

Sekitar 3.000 pemilih pemula belum melakukan rekaman e-KTP untuk menggunakan hak pilihnya di Pilbup Blitar. Namun KPU Kabupaten Blitar telah berkoordinasi dengan Dukcapil untuk merumuskan solusinya.

Divisi Perencanaan Data dan Informasi KPU Kabupaten Blitar, Ruli Kustantik mengatakan data pemilih pemula itu didapatkan dari KPU RI. Di antara calon pemilih yang belum melakukan perekaman e-KTP adalah pemilih pemula yang saat ini belum berusia 17 tahun.

"Nah angka sekitar 3.000 pemilih pemula itu adalah data yang kami terima dari KPU RI. Mereka yang masuk data itu, adalah pemilih pemula yang pada tanggal 9 Desember saat pelaksanaan pilkada serentak mendatang, tepat berusia 17 tahun," kata Ruli kepada detikcom, Senin (24/8/2020).

Supaya mereka bisa menggunakan hak pilihnya, lanjut Ruli, pihaknya telah berkoordinasi dengan Dukcapil Pemkab Blitar. Yakni dengan memberikan surat keterangan kepada para pemilih pemula. Namun, surat keterangan itu hanya berlaku satu hari saja.

"Karena dukcapil hanya bisa mencetak keping KTP-el dan itu tidak mungkin dicetak bersamaan karena jumlahnya ribuan. Maka mereka akan memberikan surat keterangan yang berlaku sehari," imbuhnya.

Surat keterangan tersebut berlaku sehari, menurut Ruli merupakan kesepakatan antara KPU dengan Dukcapil Blitar. Alasannya, waktu pencoblosan di setiap lokasi hanya satu hari dan pelaksanaannya hanya sampai pukul 13.00 WIB.

Soal skema pendistribusian surat keterangan itu, Ruli mengaku telah melakukan koordinasi dengan Kesbangpol Pemkab Blitar juga. Karena tidak mungkin pengurusan dan pengambilan surat keterangan dilakukan sendiri oleh pemilih pemula tersebut.

"Juga untuk menghindari antrean dan kerumunan selama pandemi COVID-19. Jadi nanti PPS yang akan memberikan atau membagikan surat keterangan itu, tepat pada tanggal 8 Desember 2020," pungkasnya.

(iwd/iwd)