Dishub Jatim Sebut Penghapusan Rapid Test di Pelabuhan Ketapang Hanya Permintaan

Faiq Azmi - detikNews
Rabu, 26 Agu 2020 10:49 WIB
Kadishub Jawa Timur, Nyono
Kadishub Jatim (Foto file: Faiq Azmi/detikcom)
Surabaya -

Dishub Jatim mengeluarkan surat edaran soal penghapusan wajib rapid test bagi penumpang yang akan menyeberang ke Bali, melalui Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi. Lalu apa benar rapid test dihapus saat penumpang menyeberang dari Pelabuhan Ketapang ke Gilimanuk?

Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Jawa Timur, Nyono mengatakan surat tersebut saat ini sifatnya masih permintaan. Belum ada keputusan apa pun soal penghapusan syarat rapid test bagi penumpang.

"Perihal surat itu, merupakan surat permintaan kepada PT ASDP soal penghapusan rapid test. Saat ini kita meminta ke pihak PT ASDP untuk penghapusan rapid test," kata Nyono saat dikonfirmasi detikcom, Rabu (26/8/2020).

Nyono menjelaskan, permintaan tersebut belum dijawab oleh pihak PT ASDP. Pihaknya sebatas mengajukan penghapusan rapid test, karena bukan menjadi acuan diagnosa COVID-19.

"Tergantung PT ASDP. Bisa dipenuhi atau dikabulkan tidak permintaan kita. Karena surat itu sebenarnya ya sifatnya permintaan kita kepada pihak PT ASDP," jelasnya.

Terkait pihaknya mengirim surat permintaan penghapusan rapid test, Nyono menyebut acuannya ada di Surat Edaran Dirjen Darat yang sudah tidak mewajibkan tes tersebut.

Selanjutnya
Halaman
1 2