Khofifah Tinjau Kegiatan Belajar Tatap Muka di Nganjuk

Faiq Azmi - detikNews
Senin, 24 Agu 2020 19:06 WIB
Khofifah Tinjau Kegiatan Belajar Tatap Muka di Nganjuk
Foto: Istimewa
Nganjuk -

Uji coba belajar tatap muka sudah mulai diberlakukan di Jawa Timur sejak Selasa (18/8). Beberapa kabupaten telah menerapkan uji coba tersebut, salah satunya yaitu di Nganjuk. Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meninjau tiga sekolah di Nganjuk.

"Ini merupakan hari pertama pada minggu kedua dalam pelaksanaan uji coba belajar tatap muka langsung secara bertahap. Senin yang lalu kami ke Kota Probolinggo, minggu kedua ini kita ke Nganjuk," kata Khofifah dalam rilis yang diterima detikcom, Senin (24/8/2020).

Khofifah mengatakan uji coba pembelajaran tatap muka ini dimulai secara bertahap, bertingkat dan berlanjut. Secara bertahap siswa yang diperbolehkan masuk sebanyak 25 persen dari total siswa yang ada di sekolah. Kemudian Satgas COVID-19 di kabupaten/kota memberikan rekomendasi bagi seluruh penyelenggara sekolah baik SMA, SMK, SLB untuk pelaksanaan uji coba pembelajaran tatap muka.

Lebih lanjut, Khofifah menjelaskan bahwa setelah pelaksanaan ini, akan dilaksanakan evaluasi proses uji coba yang diadakan selama tiga minggu. Hal itu dinilai penting karena yang menjadi prioritas utama adalah kesehatan dan keamanan seluruh siswa dan guru.

Menurut Khofifah uji coba belajar tatap muka terbatas untuk jenjang SMA/SMK/SLB akan dilaksanakan melalui perpaduan dengan pembelajaran dari rumah, dalam jaringan/online dan luar jaringan/offline, atau blended learning/hybrid learning.

"Sambil kita berseiring melakukan blended atau hybrid learning. Artinya ada pembelajaran tatap muka seperti ini, pembelajaran secara daring untuk memenuhi kurikulum tetap dilakukan," tandasnya.

Ia menjelaskan, durasi pembelajaran paling lama 4 jam pelajaran dalam 1 hari, 1 jam pelajaran 45 menit. Siswa masuk secara bergelombang untuk mengurangi antrian. Misalkan 4 rombongan belajar masuk tiap 30 menit, sehingga jam mulai pembelajaran berbeda-beda, ada yang jam 07.00, 07.30, 08.00 WIB.

Sedangkan untuk peserta didik yang memilih untuk belajar dari rumah tetap difasilitasi dengan metode pembelajaran jarak jauh.

Selanjutnya
Halaman
1 2