Kobra Ini Akhirnya Mati Setelah Habiskan Ayam Peliharaan Warga Lamongan

Eko Sudjarwo - detikNews
Jumat, 21 Agu 2020 17:34 WIB
ular kobra
Ular kobra yang memakan habis ayam milik warga Lamongan (Foto: Istimewa)
Lamongan -

Warga salah satu desa di Lamongan dikagetkan dengan temuan ular kobra berukuran besar di kandang ayam. Tak hanya itu, ular berbisa tersebut juga 'menghabisi' ayam yang ada di kandang tersebut.

Berawal dari kecurigaan karena banyak ayam di kandang yang mati, Sikin (49) warga Desa Rayunggumuk, Kecamatan Glagah menemukan ular kobra berukuran besar di kandang ayam. Temuan ular kobra di kandang ayam yang berdekatan dengan sawahnya itu langsung menjadi perhatian warga.

"Sebelum ke sawah untuk melihat padi, saya biasanya memang terlebih dahulu memberi pakan ayam yang saya pelihara di kandang. Ketika itulah saya melihat banyak ayam saya yang tergeletak mati," kata Sikin kepada wartawan, Jumat (21/8/2020).

Penasaran dengan penyebab ayam-ayamnya yang mati, Sikin kemudian berusaha mencari penyebabnya dengan masuk lebih dalam ke kandangnya. Alangkah kagetnya Sikin, ketika itu ia melihat seekor ular kobra berukuran besar hendak menyambarnya.

"Ketika itulah saya melihat seekor ular kobra dengan posisi siap menyambar saya. Ular itu ukuran lebih kurang 2 meter berukuran hampir sebesar pipa berdiameter 2,5 inch," ujarnya.

Mendapati ular kobra yang hampir mematuknya, Sikin kemudian bergegas lari keluar dan menutup pintu kandangnya. Sambil berlari, Sikin juga berteriak memberitahukan temuan ular besar tersebut hingga terdengar warga lainnya berdatangan. Sikin pun datang kembali ke kandangnya sambil membawa kayu dan langsung membunuh ular yang telah 'menghabisi' ayamnya itu.

"Takut membahayakan warga lain, saya kemudian membunuh ular tersebut. Sebenarnya takut dan tak sampai hati, tapi karena takut membahayakan saya dan warga lainnya ya saya memberanikan diri," terangnya.

Warga lainnya, Khoirul Anwar yang ikut menyaksikan ular kobra tersebut mengakui jika ular yang ditemukan Sikin tersebut termasuk besar dan membahayakan. Khoirul juga menyebut jika di sekitar kandang dan sawah milik Sikin tersebut sering ditemukan ular berbisa dan berbahaya.

"Beberapa hari yang lalu kami juga pernah membunuh 7 ekor ular kobra tapi ukurannya masih kecil, paling ya seukuran ibu jari," aku Khoirul.

Khoirul menyebut 7 ular kobra yang ditemukan lebih awal tersebut ditemukan di tumpukan waring (jaring) sebelah kandang. Selain ular kobra, lanjut Khoirul, ia juga sempat menemukan ular berbisa dan berbahaya jenis lainnya di sekitar kandang milik Sikin tersebut.
"Kalau ke sini, saya mesti agak takut karena sering ketemu ular berbisa dan ukurannya juga besar," pungkas Khoirul.

Lihat juga video '17 Kobra Teror Warga Tasikmalaya, Muncul di Halaman hingga Kamar':

[Gambas:Video 20detik]




(iwd/iwd)