Hii! Seekor Ular Kobra Nyusup ke Warung Soto di Klaten

Achmad Syauqi - detikNews
Sabtu, 18 Jul 2020 23:36 WIB
Seekor ular kobra menyusup ke warung soto di Klaten
Foto: Seekor ular kobra menyusup ke warung soto di Klaten (dok. Damkar Klaten)
Klaten -

Seekor ular kobra ditemukan di dalam warung soto di Jalan KH Samanhudi, Klaten. Ular dewasa itu sembunyi di ruang penyimpanan perkakas.

"Kita amankan di ruang penyimpanan perkakas warung. Kemungkinan ular kobra Jawa itu mencari tikus," kata petugas pengelolaan data tim animal rescue markas Pemadam Kebakaran Satpol-PP Pemkab Klaten, Edy Setyawan saat dimintai konfirmasi detikcom, Sabtu (18/7/2020).

Laporan soal ular berbisa itu diterima sekitar pukul 11.30 WIB. Bersamaan dengan kejadian kebakaran di Desa Sidowarno, Kecamatan Wonosari.

"Kita tangani bersamaan kebakaran limbah triplek di Desa Sidowarno. Setelah kita cari hanya ditemukan satu ekor," lanjut Edy.

Kobra tersebut, terang Edy, panjangnya sekitar 80 cm dalam kondisi sehat. Kobra itu belum menjadi indukan dan kemungkinan ada lainnya.

"Yang kita temukan bukan induknya. Biasanya kobra tidak sendiri tapi setelah kita cari juga tidak ditemukan," ucap Edy.

Temuan di warung soto itu, sambung Edy, merupakan kasus ketiga selama sebulan ini. Dua laporan kobra lainnya berasal dari Kecamatan Cawas dan Trucuk.

"Yang pertama di Desa Plosowangi, Kecamatan Cawas dan Desa Planggu, Kecamatan Trucuk. Ketiganya kami evakuasi ke markas," imbuh Edy.

Ular kobra yang dievakuasi tidak dibunuh melainkan dilepasliarkan ke lokasi lain. Lokasi itu yang aman dan jauh dari aktivitas manusia.

"Biasanya kita rilis ke alam liar yang jauh dari jangkauan manusia. Harapannya agar tetap hidup dan tak menjadi ancaman," terang Edy.

Temuan tiga ekor kobra selama sebulan, menurutnya tidak biasa. Sebab ular jenis kobra marak dan menetas sekitar bulan September-November.

"Biasanya banyak laporan itu bulan September - November. Tapi ini bulan Juni-Juli sudah ada," pungkas Edy.

(ams/ams)