30 Hektare Sawah di Lamongan Gagal Panen Gegara Wereng

Eko Sudjarwo - detikNews
Rabu, 19 Agu 2020 09:18 WIB
sawah puso
Sawah puso gegara wereng (Foto: Eko Sudjarwo)
Lamongan -

Ancaman gagal panen masih menghantui petani Lamongan. Kali ini, serangan hama wereng mengancam puluhan hektar padi yang sudah mendekati masa panen.

Salah satu wilayah di Lamongan yang terancam gagal panen akibat serangan hama wereng tersebut adalah Kecamatan Glagah. Di kecamatan ini, para petani mengeluhkan serangan wereng yang mengancam padi mereka yang hampir panen. Hama wereng mengakibatkan batang padi mereka mengering kemerahan dan bulir padi menjadi ompong.

"Hama wereng mengganas, juga hujan dan angin kencang mengakibatkan banyak batang padi yang roboh," kata Khoirul, salah satu petani di Desa Margoanyar kepada detikcom, Rabu (19/8/2020).

Khoirul mengatakan hampir semua lahan pertanian yang ada di Kecamatan Glagah terkena imbas amukan serangan hama wereng ini dan berlangsung sudah 1 bulan ini. Khoirul menyebut, serangan hama wereng ini berlangsung sporadis dan mencapai sekitar 20-30 hektar di lahan yang musim tanamnya lebih awal.

"Ada yang cuma terkena sedikit dan langsung bisa diatasi, tapi ada yang parah," akunya.

Petani asal Kecamatan Glagah lainnya, Sodik juga mengakui jika hama wereng saat ini masih mengancam lahan padi siap panen mereka. Sodik mengaku, 2 petak lahan padinya terserang hama wereng dan itu sangat merugikan dirinya dan petani lainnya.

"Dua petak lahan saya terserang hama wereng dan tidak bisa tertolong lagi. Sudah berbagai obat kami coba, namun hasilnya tetap saja padi saya diserang," ujar Sodik.