Rutan dan Lapas di Jawa Timur Over Kapasitas hingga 98%

Hilda Meilisa - detikNews
Selasa, 18 Agu 2020 19:40 WIB
Rutan dan Lapas di Jawa Timur Over Kapasitas hingga 98%
Foto: Hilda Meilisa Rinanda

Terkait hal ini, Kabid Humas Polda Jatim Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan membludaknya kapasitas tahanan menjadi perhatian bersama. Apa lagi, dalam masa pandemi COVID-19.

"Perlu dicarikan solusinya, karena over kapasitasnya sudah hampir 100 persen, dari lapas se-Jawa Timur. Maka tentunya kita juga melihat kapasitas dari Polda Jawa Timur," lanjut Truno.

Tak hanya itu, Truno mengungkapkan jika Rutan Polda Jatim selama proses penyelidikan ini, hampir terisi 300 tahanan. Padahal, kapasitasnya hanya 200 tahanan saja.

"Kapasitas dari Polres dan Polsek jajaran juga beragam, bervariatif," ungkapnya.

Untuk itu, pertemuan dengan Kanwil Kememkumham Jatim ini diharapkan Truno bisa memberikan solusi atas permasalahan yang ada. Jangan sampai over kapasitas ini bisa menjadi klaster penularan baru.

"Namun demikian, kembali pembicaraan menjadi suatu mencari solusi secara koordinatif terkait dengan levelnya, yang di terima di lapas itu adalah orang-orang yang memang sudah inkrah dari proses peradilan. Ini nanti perlu adanya program koordinasi dari criminal justice sistem," pungkasnya.

Halaman

(hil/fat)