Polda Jatim Tegakkan Protokol Kesehatan dari Lingkup Internal

Hilda Meilisa - detikNews
Selasa, 18 Agu 2020 15:55 WIB
Polda Jatim Tegakkan Inpres no 6 tahun 2020
Foto: Hilda Meilisa Rinanda
Surabaya -

Polda Jawa Timur melakukan patroli di lingkup internal. Patroli ini terkait penegakan Inpres Nomor 6 tahun 2020 tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan dalam Pencegahan dan Pengendalian COVID-19.

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko menyebut patroli ini dilakukan langsung oleh Kabid Propam Polda Jatim Kombes Puji Hendro Wibowo yang berkolaborasi Kabid Dokkes Kombes Hisbulloh Huda.

Patroli di lingkup internal dilakukan dengan pengecekan di setiap pintu masuk. Truno menyebut petugas melihat apakah ada penyediaan tempat cuci tangan, mengetes suhu anggota menggunakan thermo gun, dan memastikan seluruh anggota menggunakan masker sesuai SOP Polri.

"Pengecekan pos-pos pelayanan kepolisian ini sesuai dengan yang sudah ditentukan di lapangan dalam rangka Operasi Aman Nusa 2020, untuk melaksanakan protokol kesehatan di massa Pandemi COVID-19," kata Truno di Surabaya, Selasa (18/8/2020).

Tak hanya itu, Truno mengatakan patroli ini juga rutin dilakukan. Pihaknya ingin tak hanya masyarakat yang patuh menerapkan protokol pencegahan COVID-19, namun seluruh komponen di kepolisian juga akan disiplin.

"Patroli ini rutin dilakukan di setiap satker di Mapolda Jatim, hal ini sesuai dengan Inpres Nomor 6 tahun 2020 tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan dalam Pencegahan dan Pengendalian COVID-19," imbuh Truno.

Truno berharap kegiatan ini bisa membantu pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran COVID-19.

"Kegiatan ini nantinya akan terus dilakukan sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran COVID-19," harap Truno.

(hil/fat)