Desa di Banyuwangi Nyalakan 7.500 Lampu Minyak Peringati HUT RI ke-75

Ardian Fanani - detikNews
Selasa, 18 Agu 2020 07:43 WIB
Peringati Kemerdekaan RI, Desa di Banyuwangi Nyalakan 7.500 Lampu Minyak
Desa di Banyuwangi Nyalakan 7.500 Lampu Minyak (Foto: Ardian Fanani/detikcom)
Banyuwangi -

Ada yang unik peringatan HUT RI ke-75 di Banyuwangi. Warga Desa Jambewangi, Kecamatan Sempu, menyalakan 7.500 lampu minyak di tepian jalan sepanjang 750 meter. Tak hanya itu, mereka juga menyiarkan pembacaan teks Proklamasi yang dibacakan Presiden RI, Ir Soekarno.

Sepanjang jalan desa hanya terlihat lampu kecil berjajar di pinggir jalan, Senin malam (17/8/2020). Kegiatan ini sengaja digelar sebagai bentuk ritual penghormatan atas jasa para pahlawan kemerdekaan yang telah gugur.

"Kita lakukan renungan dan berdoa bersama malam ini, sebagai penghormatan atas jasa para pahlawan kemerdekaan," kata Agung Sedana, Ketua pemuda setempat kepada detikcom.

"Jumlah lampu yang dinyalakan dan panjang penataan lampu pun juga berhubungan dengan HUT RI. Yakni sesuai dengan usia kemerdekaan Indonesia yang ke 75," tambahnya.

Pantauan detikcom, lampu-lampu tersebut terbuat dari botol-botol kaca bekas minuman. Lampu-lampu minyak ini dinyalakan di depan rumah warga kampung setempat. Ini dilakukan untuk menambah khidmat acara dan memunculkan suasana masa kemerdekaan lalu yang belum adanya listrik yang merata.

"Agar terasa khidmat. Upacara tak hanya dilakukan pada siang hari. Tapi malam hari pun juga. Meski tidak dengan bersikap sempurna seperti upacara, tapi renungan dengan lampu pada zaman dahulu itu menambah khidmat kita. Kita bisa merasakan pada tahun 1945 yang belum ada listrik seperti saat ini,"ujarnya.

Simak juga video 'Momen Berkibarnya Merah Putih Raksasa di Puncak Gunung Kecapi':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2