Upacara di Grahadi Surabaya Berlangsung Khidmat dengan Protokol Kesehatan

Faiq Azmi - detikNews
Senin, 17 Agu 2020 10:31 WIB
upacara hut ri di grahadi
Upacara HUT RI di Grahadi Surabaya (Foto: Faiq Azmi)
Surabaya -

Pemerintah Provinsi Jawa Timur melaksanakan Upacara HUT ke-75 RI di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Senin (17/8). Dalam upacara kali ini jumlah undangan yang hadir hanya 120 orang dan digelar dengan protokol kesehatan yang ketat.

Upacara dimulai sekitar pukul 07.45 WIB. Bertindak sebagai inspektur upacara adalah Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Berbeda dari tahun sebelumnya, upacara tahun ini digelar dengan protokol kesehatan ketat. Jumlah pasukan upacara di Grahadi hari ini hanya berjumlah 50 orang. Jumlah ini turun drastis mengingat tahun lalu ada 1.200 orang. Hal itu dikarenakan pandemi COVID-19.

Untuk petugas Paskibraka berjumlah 3 orang untuk pengibar bendera pagi dan 3 orang untuk penurunan bendera sore hari, dengan cadangan 4 orang.

Upacara yang diikuti jajaran Forkopimda Jatim, OPD Pemprov Jatim ini berlangsung khidmat. Diiringi sekitar 20 orang yang berperan sebagai tim paduan suara Gita Bahana Jawa Timur di bawah panduan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Timur.

Sekitar pukul 09.00 WIB, rangkaian upacara pagi selesai dilaksanakan. Kemudian Gubernur Khofifah beserta jajaran Forkopimda langsung menuju ruang sisi tengah Gedung Negara Grahadi untuk mengikuti upacara secara virtual dengan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo untuk memperingati detik-detik Proklamasi.

Rayakan kemerdekaan, tonton tayangan livestreaming Semangat Satu Indonesia di detik.com/semangatsatuindonesia

Tonton video 'Potret Jokowi Berbaju Adat Timor Tengah Selatan di Istana Negara':

[Gambas:Video 20detik]



(iwd/iwd)