Round-Up

Babak Baru Kasus Gilang Fetish Pocong, Ditangkap dan Diperiksa Kejiwaannya

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 16 Agu 2020 09:33 WIB
Polisi menghadirkan Gilang Aprilian Nugraha Pratama, predator fetish pocong yang viral. Tersangka dihadirkan dalam jumpa pers di Mapolrestabes Surabaya usai ditangkap di Kalimantan.
Gilang saat dihadirkan di jumpa pers (Foto: Amir Baihaqi)

Tak hanya itu, Gilang juga disangkakan Pasal 335 KUHP terkait perbuatan tidak menyenangkan. Polisi tak menjerat Gilang dengan pasal pelecehan seksual. Sebab dalam kasus fetish pocong belum memenuhi unsurnya.

"Ancamannya 6 tahun penjara," ujar Kapolrestabes Surabaya Kombes Jhonny Edison Isir saat jumpa pers, Sabtu (8/8/2020).

"Pasal 297 KUHP untuk terkait ancaman perbuatan dari tersangka ini belum bisa memenuhi anasir-anasir dari LP dari Pasal 292 KUHP, karena korbannya bukan anak-anak dan sudah dewasa dan sesama jenis," imbuhnya.

Meski belum memenuhi unsur, terang Jhonny, pihaknya sampai saat ini masih terus mengkaji terkait pasal tambahan yang akan disangkakan terhadap Gilang.

"Kami coba menggali dan menelaah kira-kira pasal sangkaan yang bisa diterapkan dari perbuatan dari tersangka ini, antara lain termasuk 292, 297 kita kaji lagi," lanjutnya.

Kondisi kejiwaan Gilang juga telah diperiksakan ke psikiater. Pemeriksaan dilakukan untuk mengobservasi kejiwaan Gilang.

"Belum keluar hasilnya. Tapi sudah (diperiksakan)," ujar Kasat Reskrim Polrestabes Surabaya AKBP Sudamiran.