Anggota DPRD Tulungagung Jadi Tersangka dalam Insiden Banting Botol Bir

Adhar Muttaqin - detikNews
Jumat, 14 Agu 2020 19:32 WIB
Beredar rumor bahwa aksi seorang anggota DPRD yang mengamuk dan membanting botol bir, ada kaitannya dengan proses pengisian jabatan eselon II. Namun Pemkab Tulungagung membantahnya.
Pendapa Kabupaten Tulungagung/Foto: Adhar Muttaqin

"Dasar kami memproses kasus ini adalah LP (laporan polisi), karena pihak korban dalam hal ini Pak Bupati melaporkan ke kami melalui kuasanya," imbuhnya.

Namun karena tersangka dinilai cukup kooperatif, penyidik tidak melakukan penahanan. Ardyan mengaku pihaknya akan segera melengkapi seluruh berkas dan barang bukti, agar bisa dilimpahkan ke kejaksaan.

"Untuk sekarang tinggal pemberkasan saja, sedangkan pemeriksaan saksi maupun pelaku sudah selesai. Dalam perkara ini tersangka terancam hukuman satu tahun penjara," ujar Ardyan.

Kasus ini bermula pada Lebaran lalu, tersangka SHM dan pelaku lain YY mendatangi Pendapa Kongas Arum Kusumaning Bangsa Tulungagung, untuk meminta bertemu Bupati. Namun karena bupati tidak ada ditempat, YY mengamuk dan memecahkan stoples jajanan, serta membanting botol bir di lantai pendapa. Sedangkan SHM diduga mengumpat dan mengancam Bupati Maryoto. YY sudah ditetapkan sebagai tersangka sejak Juni lalu.

Halaman

(sun/bdh)