Round-up

Sederet Tanggapan soal Anggota DPRD yang Ngamuk dan Banting Botol Bir

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 04 Jun 2020 09:10 WIB
Seorang anggota DPRD Tulungagung mengamuk di pendapa kabupaten. Ia membanting botol bir dan wadah jajanan hingga pecah.
Botol bir yang dibanting Anggota DPRD Tulungagung/Foto: Istimewa
Tulungagung -

Aksi anggota DPRD Tulungagung yang mengamuk hingga membanting botol bir tengah menjadi perbincangan. Sederet tanggapan belum menguak alasan anggota Dewan itu mengamuk.

Bupati Tulungagung Maryoto Birowo menanggapi aksi anggota DPRD tersebut. Maryoto mengaku, saat kejadian, ia dalam perjalan menuju pendapa. Ia mendapat telepon dari keponakannya bahwa ada anggota Dewan yang mengamuk dan mencarinya.

"Jumat (29/5) sore itu mencari saya. Saya tidak ketemu, terus kemudian saya kembali. Saya ditelepon kan oleh keponakan saya, mau ketemu. Saya bilang tunggu ya, saya nggak ada 5 menit karena sudah sampai di utara perempatan Samudra. Tapi nggak tahu, saya sampai sini, ternyata (orangnya) sudah pulang kayaknya," kata Maryoto saat konferensi pers di pendapa Tulungagung, Rabu (3/6/2020).

Pihaknya mengaku tidak mengetahui secara pasti persoalan yang melatarbelakangi anggota Dewan itu mengamuk di Pendapa Kongas Arum Kusumaning Bangsa, Tulungagung. Ia hanya tahu anggota Dewan itu mencarinya.


Maryoto mengaku sempat bertemu dengan sejumlah pimpinan Dewan, yakni untuk membahas persoalan tersebut. Menurutnya, dalam pertemuan yang digagas pihak DPRD itu, pimpinan Dewan mengaku akan melakukan pembahasan dan rapat internal. Sebab, segenap anggota Dewan terikat dengan tata tertib dan ada lembaga yang menanganinya, yakni Badan Kehormatan (BK).

"Sebenarnya itu (pertemuan) informal, hanya omong-omong saja, menyikapi kejadian kemarin lusa yang itu. Menyikapi hal tersebut, kejadian kemarin lusa itu, di mana pihak Dewan juga akan membicarakan dengan lingkungan DPRD Tulungagung," imbuh Maryoto.

Selain dengan pimpinan DPRD, Maryoto juga telah berkomunikasi dengan partai pengusung anggota DPRD yang mengamuk. Menurutnya, itu merupakan hal yang harus dilakukan.

Anggota DPRD yang mengamuk itu yakni Suharminto. Pria yang akrab disapa Bedut itu merupakan kader PDIP. Namun, mengenai hal itu, DPC PDIP Tulungagung belum memberikan keterangan resmi.

Tonton juga video 'Risma Ngamuk! Mobil Lab PCR Surabaya Dialihkan ke Daerah Lain':


Selanjutnya
Halaman
1 2