Polisi Tuban Bantu Paket Data Gratis untuk Siswa Belajar Daring

Ainur Rofiq - detikNews
Rabu, 12 Agu 2020 14:27 WIB
Belajar Daring Anak-anak di tuban
Anak-anak belajar daring (Foto: Ainur Rofiq/detikcom)
Tuban -

Saat pandemi COVID-19 proses belajar secara daring di beberapa wilayah terpencil Tuban kerap menimbulkan persoalan. Terutama bagi siswa SD yang tidak punya gadget dan bertempat tinggal di pelosok desa yang sulit dijangkau jaringan internet.

Melihat kondisi yang serba sulit membuat seorang polisi yang berdinas di Polres Tuban, Bripka Wahyudi langsung berinisiatif membantu kegiatan belajar mengajar yang digelar di rumah salah satu siswa SD. Dengan memberikan fasilitas jaringan Wifi gratis, Wahyudi juga membagikan kartu paket data saat belajar secara daring.

Wahyudi juga mendatangi rumah beberapa siswa dan membantu mereka belajar mandiri di rumah. Polisi yang masih muda ini juga setiap dua pekan sekali mendatangi rumah beberapa siswa di Dusun Tlogo Desa Prunggahan Kulon Kecamatan Semanding untuk membagikan kartu paketan data gratis. Tak lupa membawakan masker dan face shield sebagai protokol kesehatan saat belajar.

"Kegiatan ini dilakukan karena sangat prihatin dengan kondisi pendidikan saat pandemi COVID-19 utamanya para pelajar yang bertempat tinggal di daerah terpencil, jadi hati saya merasa terpanggil dengan mereka yang mempunyai semangat luar biasa dalam belajar," tutur Wahyudi, Rabu ( 12/7/2020).

Dia mengaku sempat bertanya ke para siswa apakah memiliki seluler untuk belajar online, tapi rata rata mereka menjawab tidak punya. Sebab, kondisi orang tuanya kurang mampu bahkan ada yang tidak bekerja karena pandemi ini.

"Ketika ditanya apa keinginan mereka, hampir semua menjawab ingin sekolah lagi. Tapi melihat kondisi pandemi tidak memungkinkan mereka untuk kembali belajar di sekolah. Semangat mereka sangat luar biasa dalam menuntut ilmu," imbuh Wahyudi.