Perjuangan Guru di Madiun Belajar Daring dengan Siswa Melalui HT

Sugeng Harianto - detikNews
Selasa, 11 Agu 2020 10:00 WIB
Perjuangan Guru Madiun Dengan HT Agar Murid Belajar Daring
Guru mengajar dengan HT (Foto: Sugeng Harianto/detikcom)
Madiun -

Ada yang berbeda dalam kegiatan belajar mengajar selama pandemi COVID-19 di SDN 1 Balerejo, Kecamatan Kebonsari, Madiun. Dalam belajar daring, mereka menggunakan handy talkie (HT). Hal itu dilakukan karena para siswa terkendala keterbatasan smartphone dan kuota internet.

Anifatul Maghfiroh, salah satu guru mengatakan hampir seluruh siswa sebenarnya mempunyai handphone, tapi alat komunikasi itu ternyata tidak support dengan pembelajaran daring. Selain itu, para siswa juga terkendala membeli paket internet. Untuk itu, para guru melakukan inovasi dengan memanfaatkan HT. Ya, para guru mengajar dengan HT.

"Sebenarnya untuk ponsel punya semua. Yang kesulitan justru untuk beli kuota internet dan sebagian juga karena ponsel kurang suport buat sarana internet," kata Anifatul kepada detikcom, Selasa (11/8/2020).

Anifatul menambahkan pembelajaran jarak jauh memang sudah dilakukan satu bulan terakhir sejak tahun ajaran 2020. Saat itu, para guru masih memanfaatkan sejumlah aplikasi untuk membuat menerangkan mata pelajaran dan mengirim tugas.

"Awalnya ya saya memberikan pelajaran lewat WhatsApp, Google Classroom, YouTube, dan Microsoft Office 365. Saya bikin video pembelajaran kemudian dibagikan kepada para siswa," papar perempuan yang disapa Atul itu.

Dia mengatakan untuk penggunaan HT, pihaknya membagi satu kelompok dengan satu HT. Adapun satu kelompok berisi tiga siswa. Nah tiga siswa ini kemudian akan belajar di salah satu rumah kelompoknya dengan waktu yang telah disepakati.

Selanjutnya
Halaman
1 2