Machfud Arifin Janji Benahi Sungai yang Tercemar di Surabaya

Faiq Azmi - detikNews
Senin, 10 Agu 2020 23:49 WIB
machfud arifin
Machfud Arifin melihat kondisi sungai di Surabaya (Foto: Faiq Azmi)
Surabaya -

Bakal Calon Wali Kota Surabaya Irjen Pol (Purn) Machfud Arifin menyapa warga yang tinggal di dekat Sungai Kalimas di Jalan Pulo Wonokromo. Machfud menyayangkan kondisi Sungai Kalimas yang tercemar.

"Sungai ini kita harus jaga. Ini ciptaan tuhan, jangan dicemari dan dikotori. Yang ngotorin juga manusia. Membuat gak karuan, membuat banjir, kotor. Ini berbahaya," kata Machfud saat berada di lokasi, Senin (10/8/2020).

Machfud menilai banyak sungai tercemar karena kesalahan masa lalu. Yakni banyaknya pabrik yang didirikan dekat sungai. Hal ini menyebabkan pabrik membuang limbah sembarangan dan dampaknya sungai tercemar.

"Ini juga sumber air PDAM juga. Jangan dikotori. Semua pabrik kecenderungannya di pinggir sungai semua. Kalau dulu-dulu dilarang mungkin radius 3 KM baru boleh buat pabrik. Gak boleh di pinggir sungai," jelasnya.

Mantan Kapolda Jatim ini juga mengajak masyarakat yang tinggal di dekat sungai untuk turut menjaga kebersihan. Menurutnya sungai adalah wujud bagaimana gambaran sebuah kota itu bersih dan tertata. Ia berjanji akan membenahi seluruh sungai di Kota Pahlawan.

"Masyarakat juga demikian jangan buang langsung di sini. Harus dikasih wadah di sini, agar masyarakat bisa terkoordinir untuk membuang sampah tidak di sungai. Tinggal koordinasi, dan ini bisa ditata ke depannya, bisa dikelola dengan bagus. Juga pemanfaatan lingkungan di sekitar sungai, ke depan sungai adalah water front city. Ini potensi wisata juga dan bisa menghidupkan UMKM di sekitarnya," jelas Machfud.

Selain sungai, Machfud juga menyinggung soal insentif para RT, Relawan Posyandu dan Bumantik. Ia menilai tugas mereka berat namun tidak diimbangi dengan insentif yang layak.

Selanjutnya
Halaman
1 2