Jadi Korban Perburuan Liar, Lutung Jawa Ditemukan Tinggal Kulit dan Kepala

Muhammad Aminudin - detikNews
Senin, 10 Agu 2020 22:39 WIB
lutung jadi korban perburuan liar
Foto: Istimewa
Malang -

ProFauna Indonesia menemukan bukti perburuan dan pembunuhan Lutung Jawa di kawasan hutan lindung di atas Dusun Perinci, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang. Saat ditemukan, satwa dilindungi tersebut dalam kondisi tergantung pada batang pohon dengan hanya tinggal kulit serta kepalanya saja.

Bukti adanya perburuan serta pembunuhan Lutung Jawa secara keji tersebut juga diposting pada laman Facebook resmi ProFauna Indonesia.

Ketua ProFauna Indonesia Rosek Nursahid mengatakan dengan temuan kondisi Lutung Jawa tinggal kulit serta kepalanya, membuktikan jika perburuan serta pembunuhan satwa bernama latin trachypithecus auratus itu nyata adanya.

"Karena beberapa waktu sebelumnya, kami mencurigai adanya perburuan lutung di kawasan tersebut. Hingga kemudian dilakukan patroli secara massif oleh Ranger ProFauna dan kemudian menemukan Lutung Jawa dalam kondisi tergantung di batang pohon dengan hanya tinggal kulit dan kepalanya saja," terang Rosek saat dihubungi detikcom, Senin (10/8/2020).

Rosek mengaku sudah melaporkan bukti temuan perburuan dan pembunuhan Lutung Jawa tersebut kepada Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) serta Perhutani.

Karena wilayah temuan adalah hutang lindung milik Perhutani. "Kami sudah melaporkan temuan ini kepada BKSDA, bagian penegakkan hukum Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) serta Perhutani, karena hutan adalah milik Perhutani," beber Rosek.

ProFauna Indonesia berharap, pihak kepolisian beserta bagian penegakkan hukum KLHK, BKSDA serta Perhutani dapat segera menangani masalah perburuan satwa liar tersebut.

"Perbuatan keji inj jelas melanggar hukum dan pelakunya harus ditindak sesuai dengan hukum ada. Tidak bisa dibiarkan terus menerus pembunuham satwa liar seperti ini lagi," harap Rosek.

Selanjutnya
Halaman
1 2