Jual Surili-Lutung Jawa Via Medsos, 2 Warga Jabar Ditangkap

Yudha Maulana - detikNews
Sabtu, 06 Jun 2020 09:17 WIB
Satwa Liar Dilindungi
Dirjen Gakkum KLHK mengamankan dua satwa dilindungi yang dijual warga Garut dan Bandung. (Foto: istimewa)
Bandung -

Dirjen Penegakan Hukum Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Gakkum KLHK) mengungkap kasus perdagangan online satwa dilindungi di Jawa Barat, Jumat (5/6). Dalam kasus ini dua pelaku ditangkap petugas di Kabupaten Garut dan Kabupaten Bandung.

Direktur Pencegahan dan Pengamanan Hutan (PPH) Sustyo Triyono mengatakan penangkapan kedua pelaku ini berawal dari penelusuran Tim Siber Patrol Perdagangan TSL secara online.

"Penelusuran tersebut dilakukan oleh Gakkum KLHK dan Balai Besar KSDA Jawa Barat terhadap salah satu akun yang memperdagangkan satwa liar dilindungi melalui media sosial sejak Mei 2020," kata Sustyo dalam keterangan resminya, Sabtu (6/6/2020).

Dalam penangkapan tersebut, ditemukan dua barang bukti berupa satu ekor surili, jenis kelamin jantan (Presbytis comata) usia sangat muda (4-5 bulan) dan satu ekor lutung jawa, jenis kelamin betina (Trachypithecus auratus) usia sangat muda (4-5 bulan).

"Gakkum KLHK serta didukung BBKSDA Jawa Barat dan Reskrim Kepolisian Resor Garut telah berhasil mengamankan pelaku berinisial TL (23 Th) di Harumansari, Kadungora, Garut. Kemudian tim melakukan pengembangan dan berhasil mengamankan inisial JL di Babakan Peuteuy, Cicalengka - Bandung," kata Sustyo.

Selanjutnya
Halaman
1 2