Lutung Jawa Nyasar di Permukiman Pekalongan Dievakuasi ke Taman Safari

Robby Bernardi - detikNews
Selasa, 09 Jun 2020 20:41 WIB
Proses evakuasi lutung Jawa nyasar di Pekalongan ke Taman Safari IV Batang
Foto: Proses evakuasi lutung Jawa yang nyasar di Pekalongan ke Taman Safari IV Batang (Robby Bernardi/detikcom)
Kabupaten Pekalongan -

Lutung Jawa yang nyasar di permukiman warga di Desa Sumur Jomblangbogo, Kecamatan Bojong, Kabupaten Pekalongan sudah dievakuasi sore ini. Oleh Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Tengah lutung Jawa itu dievakuasi ke Taman Safari Indonesia (TSI) IV di Batang.

Proses evakuasi itu berjalan lancar. Warga yang mengamankan lutung Jawa itu, Edi Purnomo ikhlas menyerahkan primata yang dilindungi tersebut ke petugas.

"Sudah hampir sepekan bersama kita. Alhamdulillah kondisinya membaik. Kita ikhlaskan ke petugas agar lebih terawat lagi dengan baik," kata Edi Purnomo saat ditemui di lokasi, Selasa (9/6/2020).

Evakuasi lutung sendiri dilakukan oleh Tim Evakuator Wildlife Rescue Unit (WRU) BKSDA Jateng dan petugas TSI IV Batang. Ketua Tim Evakuator WRU BKSDA Jateng Haryono menuturkan lutung Jawa itu dititipkan sekaligus diobservasi di TSI IV Batang.

"Kita lakukan evakuasi dan akan dipindah ke TSI IV Batang, untuk dilakukan observasi dan pemeriksaan medis," kata Haryono.

"Alhamdulillah, dari pantauan, kondisi sehat, tidak ada luka," sambungnya.

Haryono menduga lutung Jawa itu pernah dipelihara warga dan lepas. Sebab, binatang yang dilindungi itu tampak jinak dan tidak takut dengan manusia.

"Lutung ini, sepertinya sudah lama terpisah dari kelompoknya, dan terbiasa dengan manusia. Jadi ini adalah peliharaan yang lepas," katanya.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3