Round-Up

Heboh Kambing Beraroma Pandan di Banyuwangi yang Not For Sale

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 09 Agu 2020 08:56 WIB
kambing aroma pandan
Kambing jantan ini diaku pemiliknya mengeluarkan aroma pandan (Foto: Ardian Fanani)
Banyuwangi -

Kambing berwarna hitam di Banyuwangi ini tak berbeda dengan kambing lain. Tapi ada yang unik dari kambing jantan kekar dan berotot ini.

Keunikan itu adalah aroma yang dipancarkan tubuhnya. Kambing berusia 2 tahun ini mengeluarkan aroma pandan. Aroma pandan ini tercium dari tubuh si kambing sejak 7 bulan lalu.

"Baunya seperti daun pandan. Tidak seperti kambing biasanya. Tapi pada waktu tertentu baunya muncul," ujar Asmui (51) pemilik kambing, warga Dusun Pereng Desa Paspan Kecamatan Glagah, Kamis (30/7/2020).

Uniknya lagi, aroma segar daun pandan ini hanya dapat terendus ketika langit mulai beranjak gelap. Namun sesekali aroma ini juga samar-samar tercium pada sore hari.

"Bau harum itu dipastikan muncul dan cukup menyengat di setiap menjelang Maghrib sekitar pukul 17.00 WIB hingga setelah Maghrib. Bahkan, bau bunga pandan itu masuk sampai ke rumah saya," kata Asmui.

Asmui sendiri mengaku tak memberikan perawatan spesial untuk kambing hitam ini. Menurut Asmuni, dari sekian kambing yang dipelihara, hanya kambing hitam itu saja yang memiliki bau pandan. Padahal, secara pemeliharaan semuanya sama. Yakni diberikan makan daun-daunan dan rumput sejenis.

"Tidak ada yang spesial untuk makanannya. Ya daun ya rumput. Semua sama dengan kambing yang lain," ujar Asmui.

Setiap hari, kata Asmuni, dirinya mengeluarkan kambing-kambingnya dari kandang. Itu pun juga pada saat dirinya membersihkan kandang. Ini dilakukan agar kambing yang dipeliharanya tak jatuh sakit.

Tonton video 'Kambing 'Dajjal' Bikin Heboh di Sumedang':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2