Meski Ditawar Mahal, Pemilik Enggan Jual Kambingnya yang Berbau Pandan

Ardian Fanani - detikNews
Jumat, 31 Jul 2020 12:25 WIB
kambing aroma pandan
Kambing di Banyuwangi yang beraroma pandan (Foto: Ardian Fanani)
Banyuwangi -

Warga Banyuwangi dihebohkan dengan adanya seekor kambing mengeluarkan aroma daun pandan. Keunikan fenomena kambing berbau pandan ini sempat menjadi bahan perbincangan banyak orang di Banyuwangi.

Banyak orang yang mengira bahwa pemilik sengaja memberi makan secara khusus agar nilai jualnya tinggi menjelang hari raya Idul Adha tahun 2020 ini.

Asmui (51) pemilik kambing, warga Dusun Pereng Desa Paspan Kecamatan Glagah, enggan menjual kambing hitam miliknya. Beberapa orang mencoba menawar untuk membelinya. Bahkan ada yang nekat untuk menukar kambing beraroma daun pandan ini.

"Mohon maaf, Kambing ini tidak saya jual. Saya akan terus rawat hingga nanti. Saya juga tidak membuat sensasi agar jualnya mahal. Lah wong saya ndak pengen jual," ujarnya kepada wartawan, Kamis (30/7/2020).

Harga yang dimunculkan pun beraneka ragam. Mulai dari Rp 5 juta hingga belasan juta rupiah. Bahkan ada sejumlah warga yang berani menukarnya dengan seekor sapi dewasa.

"Sudah banyak yang menawar kambing ini. Ada yang nawar sangat mahal. Sampai ada yang mau menukarnya dengan sapi," katanya.

Meski banyak yang menawar dengan harga tinggi, namun pemilik tidak berkenan untuk menjualnya.

"Kambing ini tidak dijual. Ya meski sudah banyak yang menawarnya," tambah Asmui.

Pengakuan Asmui, wangi daun pandan tersebut pertama tercium sejak 7 bulan lalu. Tepatnya pada bulan Januari 2020. Dia sempat mengira wangi tersebut berasal dari tumbuhan pandan disekitar, namun setelah ditelusuri sumber bau wangi berasal dari kambing tersebut.

Saking tajamnya bau yang ditimbulkan, dirinya dan warga sekitar sempat merasa takut. Tak jarang, aroma yang ditimbulkan membuat merinding orang yang menciumnya di malam hari.

"Ya waktu pertama kali tau, saya dan istri sempat takut. Sampai merinding karena baunya cukup tajam," pungkas Asmui.

Tonton video 'Selamat Idul Adha! Mitos dan Fakta Daging Kambing':

[Gambas:Video 20detik]



(iwd/iwd)