Apa Penyebab Kambing di Banyuwangi Ini Berbau Pandan?

Ardian Fanani - detikNews
Jumat, 31 Jul 2020 11:50 WIB
kambing aroma pandan
Kambing yang beraoma pandan (Foto: Ardian Fanani)
Banyuwangi -

Seekor kambing jenis Menggolo di Banyuwangi mengeluarkan aroma daun pandan. Pemilik kambing, Asmui (51) pemilik kambing, warga Dusun Pereng Desa Paspan Kecamatan Glagah tak memberikan perawatan spesial untuk kambing hitam ini.

Menurut Asmuni, dari sekian kambing yang dipelihara, hanya kambing hitam itu saja yang memiliki bau pandan. Padahal, secara pemeliharaan semuanya sama. Yakni diberikan makan daun-daunan dan rumput sejenis.

"Tidak ada yang spesial untuk makanannya. Ya daun ya rumput. Semua sama dengan kambing yang lain," ujarnya kepada wartawan, Kamis (30/7/2020).

Setiap hari, kata Asmuni, dirinya mengeluarkan kambing-kambingnya dari kandang. Itu pun juga pada saat dirinya membersihkan kandang. Ini dilakukan agar kambing yang dipeliharanya tak jatuh sakit.

Selain itu, untuk merawat kambing agar tidak sakit, dirinya hanya memberikan jamu untuk kambingnya sebulan sekali.

"Biar bersih saja. Kadang saya keluarkan pagi sama sore. Selain itu ya tetap di kandang. Soalnya beringas kambing hitam ini," tambahnya.

Warga Banyuwangi dihebohkan dengan seekor kambing jantan yang mengeluarkan aroma pandan. Kambing berusia 2 tahun lebih itu mengeluarkan aroma pandan di tubuhnya sejak 7 bulan ini.

Kambing tersebut berjenis Menggolo. Berwarna hitam, dengan tanduk runcing melengkung ke belakang. Kambing pun terbilang sangat sehat, hal ini nampak dari bulunya yang halus dan urat otot yang kekar.

Wangi daun pandan tersebut pertama tercium sejak 7 bulan lalu. Tepatnya pada bulan Januari 2020. Setiap menjelang sore hingga malam, wangi pandan menyebar di sekitar rumahnya. Pemilik mengira aroma daun pandan itu muncul dari badan kambing miliknya yang berwarna hitam.

Tonton video 'Selamat Idul Adha! Mitos dan Fakta Daging Kambing':

[Gambas:Video 20detik]



(iwd/iwd)