Ibu Melahirkan Sendiri di RS Swasta Jombang, Ini soal Bayi yang Meninggal

Enggran Eko Budianto - detikNews
Jumat, 07 Agu 2020 20:22 WIB
Seorang ibu melahirkan sendiri di Rumah Sakit Pelengkap Medical Center (RS PMC) Jombang. Akibatnya, bayi perempuan yang dia lahirkan meninggal.
Rumah Sakit Pelengkap Medical Center (RS PMC) Jombang/Foto: Enggran Eko Budianto
Jombang -

Seorang ibu melahirkan sendiri di Rumah Sakit Pelengkap Medical Center (RS PMC) Jombang hingga bayinya meninggal. Sekitar 3 jam sebelum lahir, janin dari ibu berinisial DR (27) itu masih bernyawa.

Kepala Bagian Pemeriksaan RS PMC dr Bani Cahyono mengatakan, DR datang ke Instalasi Gawat Darurat (IGD) pada Selasa (4/8) sekitar pukul 01.30 WIB. Tenaga kesehatan yang bertugas saat itu memeriksa kondisi DR. Bukaan leher rahim (serviks) sebagai jalan lahir bayi baru tahap pertama.

Selain itu, lanjut dr Bani, petugas medis juga memeriksa kondisi janin DR. Yaitu dengan prosedur pemeriksaan denyut jantung janin (DJJ). Dia mengaku tidak mengetahui ada atau tidaknya masalah pada kandungan DR kala itu. Hanya saja, dia memastikan janin pada perut DR masih hidup.

"Kami hanya melakukan DJJ. DJJ-nya bagus ya berarti bagus (kondisi janinnya)," kata dr Bani kepada wartawan di RS PMC, Jalan Ir H Juanda, Kelurahan Kepanjen, Kecamatan/Kabupaten Jombang, Jumat (7/8/2020).

Dengan demikian, janin dipastikan dalam kondisi masih hidup saat DR masih berada di ruang IGD RS PMC. Karena hasil rapid test-nya reaktif, perempuan warga Desa Gedangan, Kecamatan Sumobito, Jombang itu dipindahkan ke ruangan Darusallam sekitar pukul 02.00-02.30 WIB. Yaitu kamar khusus untuk pasien yang dicurigai terinfeksi virus Corona.

Sekitar 3 jam setelah tiba di IGD RS PMC, janin yang dikandung DR lahir. Yaitu sekitar pukul 04.30 WIB. Bayi perempuan itu lahir tanpa menangis.

DR melahirkan sendiri anak keduanya itu di ruang isolasi Darusallam tanpa mendapatkan pertolongan dari petugas medis. Dia hanya ditemani ibu kandungnya, AL (63).

Baru sekitar 30 menit setelah bayinya lahir, sejumlah petugas medis datang menolong sambil memakai APD lengkap. Dr Bani menyebut petugas medis melakukan tindakan saat bayi DR sudah lahir. Yaitu pukul 05.00 WIB.

Selanjutnya
Halaman
1 2