Meski 4 Pegawai Pemkab Positif COVID-19, HUT ke-696 Blitar Tetap Digelar

Erliana Riady - detikNews
Rabu, 05 Agu 2020 13:51 WIB
pegawai pemkab blitar positif covid-19
Foto: Erliana Riady
Blitar -

Sebanyak empat pegawai bagian protokol dan komunikasi pimpinan (prokopim) Sekda Pemkab Blitar terkonfirmasi positif COVID-19. Namun pemkab tetap menggelar peringatan HUT ke-696 dengan melibatkan banyak pegawai pemkab lainnya.

Jubir Satgas COVID-19 Kabupaten Blitar Krisna Yekti memaparkan, keempat pegawai prokopim itu diduga terpapar virus Corona setelah kontak erat dengan pegawai BNN Kabupaten Blitar yang terkonfirmasi positif sebelumnya.

"Begitu ada yang kontak erat dengan positif BNN, kami lakukan rapid test kepada 15 prokopim. Diantara yang hasilnya reaktif kami tes swab dan hasilnya 4 terkonfirmasi positif," kata Krisna kepada detikcom, Rabu (5/8/2020).

Empat pegawai prokopim itu terdiri dua pria dan dua wanita. Mereka selama ini selalu bertugas menempel di semua kegiatan bupati. Karena hasil tes swab baru diterima sehari menjelang peringatan HUT ke-696 Kabupaten Blitar, maka satgas COVID-19 pada Selasa (4/8) malam melakukan screening kepada 206 pegawai yang bertugas sebagai panitia acara.

"Hasil screening ada 16 yang reaktif. Mereka ini tidak kami izinkan mengikuti giat peringatan HUT Kabupaten Blitar. Dan siang ini kami akan tes swab massal yang reaktif itu, sekaligus juga semua prokopim kami tes swab ulang," imbuhnya.

Krisna memastikan, petugas prokopim yang mengikuti Bupati Blitar telah digantikan dengan yang kondisinya benar-benar sehat. Sementara Bupati Blitar sendiri, Krisna mengaku telah menjalani tes swab dan hasilnya negatif.

Namun untuk tindakan memutus rantai penyebaran COVID-19 di internal Pemkab Blitar, pihaknya kembali akan mengambil tes swab bupati dan menutup ruangan prokopim sekda selama empat hari ke depan.

"Kami akan tutup sekretariat prokopim, kemungkinan Kamis sampai Minggu," imbuhnya.

Sementara, kegiatan Peringatan HUT ke-696 Kabupaten Blitar tetap dilaksanakan di Pendopo Ronggo Hadi Negoro hari ini. Ritual Pisowanan Agung digelar dengan membatasi tingkat kehadiran para undangan. Tampak di dalam pendopo, hanya Bupati Blitar, Rijanto, Wakil Bupati Blitar Marhaenis Urip Widodo, Ketua DPRD Kabupaten Blitar, Suwito, Sekda Kabupaten Blitar, Totok Subihandono dan para istri.

Sedangkan jajaran kepala OPD beserta ibu, seluruhnya berada di halaman dekat pendopo dibawah terik matahari dan menerapkan physical distancing atau menjaga jarak.

Seluruh jajaran mulai Forkopimda, Muspika hingga kelurahan dan kepala desa, hanya dapat mengikuti prosesi hari jadi tahun ini secara virtual dari kantornya masing-masing.

Tonton video 'Erick Thohir Yakin 500 Juta Vaksin Corona Diproduksi Tahun Depan':

[Gambas:Video 20detik]



(iwd/iwd)