Gus Im di Mata Keluarga Dikenal Miliki Kelebihan Spiritual

Enggran Eko Budianto - detikNews
Sabtu, 01 Agu 2020 16:31 WIB
Ponpes Mambaul Maarif Denanyar, Mulina Shohib
Salah satu keluarga KH Hasyim Wachid (Foto: Enggran Eko Budianto/detikcom)

Oleh sebab itu, sebelum wafat Gus Im meminta dimakamkan bersebelahan dengan Kiai Wahid Azis di kompleks pemakaman keluarga pendiri Ponpes Mamba'ul Ma'arif Denanyar. Liang lahat adik kandung Gus Dur itu sekitar 2 meter di sebelah utara makam KH Bisri Syansuri.

Kiai Bisri merupakan kakek dari Gus Im. Karena ibu kandung Gus Im, Nyai Solichah Wahid putri dari Mbah Bisri. Kiai Bisri menjadi salah satu tokoh pendiri NU sekaligus pendiri Ponpes Mamba'ul Ma'arif.

Semasa hidupnya, tambah Mu'linah, Gus Im ternyata kerap berziarah ke makam kakeknya di Ponpes Denanyar dan ke makam keluarga ayahnya, KH Wahid Hasyim di Ponpes Tebuireng, Desa Cukir, Kecamatan Diwek, Jombang.

"Keluarga besar tidak banyak yang tahu kalau beliau sering ziarah ke makam Gus Dur dan makam Mbah Bisri. Kami tidak tahu kalau tidak dibilangi satpam. Beliau datang malam hari tanpa memberi tahu keluarga besar," tandasnya.

Gus Im wafat di RS Mayapada, Jakarta pada Sabtu (1/8) pukul 04.18 WIB. Almarhum meninggalkan seorang istri dan dua anak. Jenazah anak bungsu dari pasangan KH Wahid Hasyim dan Solichah Wahid ini akan dimakamkan di Ponpes Denanyar malam nanti sekitar pukul 22.00 WIB.

Halaman

(fat/fat)