Jenazah Gus Im Akan Dimakamkan di Ponpes Denanyar Jombang, Ini Alasannya

Enggran Eko Budianto - detikNews
Sabtu, 01 Agu 2020 15:03 WIB
Jenazah Gus Im Akan Dimakamkan di Ponpes Denanyar Jombang, Ini Alasannya
Gus Im dimakamkan di Ponpes Denanyar (Foto: Enggran Eko Budianto/detikcom)
Jombang -

Jenazah adik kandung Gus Dur, KH Hasyim Wahid atau Gus Im akan dimakamkan di Ponpes Mamba'ul Ma'arif, Desa Denanyar, Kecamatan/Kabupaten Jombang. Tempat pemakaman Gus Im berbeda dengan keluarganya di Ponpes Tebuireng, Desa Cukir, Kecamatan Diwek, Jombang.

Mulai dari kakeknya, KH Hasyim Asy'ari, ayahnya KH Wahid Hasyim, ibunya Solichah Wahid, serta dua kakaknya KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur dan KH Salahuddin Wahid atau Gus Solah.

Bungsu dari enam bersaudara pasangan KH Wahid Hasyim dan Solichah Wahid ini memilih dimakamkan di kompleks pemakaman keluarga KH Bisri Syansuri. Yaitu tokoh pendiri NU sekaligus pendiri Ponpes Mamba'ul Ma'arif. Kiai Bisri atau Mbah Bisri juga kakek Gus Im dari garis ibunya.

"Gus Im berwasiat minta dimakamkan di makam Mbah Bisri di Denanyar. Seperti kita ketahui, keluarga besar KH Wahid Hasyim yang sudah wafat dimakamkan di Tebuireng," kata anggota keluarga besar Ponpes Mamba'ul Ma'arif Denanyar, Mu'lina Shohib kepada wartawan di lokasi, Sabtu (1/8/2020).

Ia menjelaskan, dalam wasiatnya, Gus Im minta dimakamkan bersebelahan dengan sepupunya, KH Abdul Wahid Aziz Bisri. Karena semasa hidupnya, Gus Im mempunyai ikatan emosional yang kuat dengan Kiai Wahid Azis. Semasa hidupnya, mereka sama-sama tinggal di Jakarta.

"Beliau minta dimakamkan di sebelahnya Gus Wahid Azis. Beliau satu kesatuan dengan Gus Wahid. Biasanya istigasah bersama. Punya hubungan emosional sangat dekat," terang Mu'lina.

Tonton juga 'Gus Im, Adik Bungsu Gus Dur Tutup Usia':

[Gambas:Video 20detik]

Selanjutnya
Halaman
1 2