Warga Sidoarjo Boleh Gelar Hajatan, Tapi Wajib Protokol Kesehatan

Suparno - detikNews
Minggu, 26 Jul 2020 13:53 WIB
Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol Sumardji
Kapolresta Sidoarjo Kombes Sumardji (Foto: Suparno)
Sidoarjo -

Warga Sidoarjo sudah diperbolehkan menggelar resepsi hajatan di masa pandemi ini. Syaratnya adalah wajib menerapkan protokol kesehatan pencegahan penularan COVID-19 dengan ketat.

Aturannya mulai pengecekan suhu tubuh, tempat cuci tangan dan sabun harus disediakan. Atau memakai hand sanitizer, serta memakai masker dan wajib jaga jarak harus benar-benar diterapkan.

Kapolresta Sidoarjo Kombes Sumardji mengataka, warga Sidoarjo sudah di izinkan menggelar hajatan, seperti pernikahan, khitanan di era transisi new nornal ini. Namun pihaknya mewajibkan dalam pelaksanaan hajatan harus menjalankan protokol kesehatan.

"Protokol kesehatan pencegahan penularan COVID-19 harus benar-benar diterapakan. Mulai saat undangan masuk sampai dalam menikmati hidangan harus diatur dengan SOP pencegahan COVID-19," kata Sumardji kepada detikcom usai gowes ke Prambon Sidoarjo Minggu (26/7/2020).

Sumardji menambahkan warga yang akan menggelar hajatan yang cukup besar, di lokasi hajatan para undangan tidak dibolehkan berjabat tangan. Diwajibkan undangan yang datang tidak boleh melebihi kapasitas 50 persen dari lokasi hajatan.

"Selain itu harus memiliki izin keramaian dari kepolisian. Nanti anggota akan memantau secara langsung. Dengan begitu kegiatan yang dilakukan dapat berjalan dengan aman tanpa melanggar SOP kesehatan," tambah Sumardji.

Sumardji menjelaskan pihaknya juga melarang menggelar hajatan disertai hiburan, apalagi tempatnya di lapangan. Pasalnya akan sulit melakukan deteksi dan mengetahui jumlah tamu yang datang. Yang terpenting semuanya harus diatur mulai dari tempatnya maupun kapasitasnya.

"Masyarakat diharapkan beradaptasi dengan keadaan seperti ini. Sampai saat ini semua kegiatan harus berpegang pada protokol kesehatan pencegahan penyebaran COVID-19," jelas Sumardji.

Tonton video 'Haru! Pasien Positif Covid-19 di Pacitan Gelar Akad Nikah':

[Gambas:Video 20detik]



(iwd/iwd)