Tiga Pedagang Positif COVID-19, Pasar Lodoyo Blitar Ditutup Dua Hari

Erliana Riady - detikNews
Sabtu, 25 Jul 2020 15:02 WIB
pasar lodoyo
Pasar Lodoyo (Foto: Erliana Riady)
Blitar -

Sebanyak tiga pedagang di Pasar Lodoyo Kecamatan Sutojayan, Blitar terkonfirmasi positif COVID-19. Akibatnya, kegiatan pasar ditutup selama dua hari ke depan untuk sterilisasi.

Jubir Gugus Tugas COVID-19 Kabupaten Blitar Krisna Yekti membenarkan hal ini. Mulai hari ini, Pasar Lodoyo ditutup selama dua hari hingga besok untuk proses sterilisasi penyemprotan disinfektan.

"Karena ada tiga pedagang Pasar Lodoyo yang terkonfirmasi positif COVID-19, maka aktivitas pasar ditutup untuk sterilisasi mulai hari ini selama dua hari," kata Krisna dikonfirmasi detikcom, Sabtu (25/7/2020).

Dua dari tiga pedagang merupakan satu anggota keluaga. Sementara satu lagi merupakan tetangganya.

Tak hanya penutupan pasar, Krisna juga menyampaikan akan melakukan rapid test dan tes swab massal di pasar tradisional tersebut. Tes swab massal rencananya akan dilakukan Senin (27/7).

"Senin pekan depan kami akan lakukan rapid tes massal. Nanti begitu ada yang reaktif, langsung kami ambil tes swab," imbuhnya.

Krisna menambahkan apa yang direncanakan ini sebagai upaya menekan penularan virus Corona di lokasi pasar. Untuk itu, pihaknya berharap para pedagang pasar bersikap kooperatif dan tidak perlu takut atau menghindarinya.

Sampai hari ini, jumlah pasien yang terkonfirmasi positif di Kabupaten Blitar kembali mengalami lonjakan. Ada tambahan sebanyak 39, yang 31 di antaranya merupakan nakes di RSUD Ngudi Waluyo Wlingi. Dan sebanyak 8 pasien positif baru yang tersebar dari 4 kecamatan di Kabupaten Blitar.

(iwd/iwd)