Risma Siapkan Program Kedaulatan Pangan Antisipasi Stok Beras Menipis

Deny Prastyo Utomo - detikNews
Minggu, 19 Jul 2020 15:24 WIB
Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini memberikan selamat kepada Gibran Rakabuming Raka, yang mendapatkan rekomendasi PDI Perjuangan untuk maju sebagai cawalkot dalam Pilkada Solo. Risma mendoakan Gibran untuk memajukan Solo.
Wali Kota Risma/Foto: Deny Prastyo Utomo
Surabaya -

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini menyiapkan program kedaulatan pangan di tengah pandemi COVID-19. Ini bentuk antisipasi mencegah stok beras menipis.

Wali Kota Risma mengatakan, pihaknya telah menyiapkan program kedaulatan pangan dengan cara menanam makanan pendamping beras. Seperti ketela pohon, ketela rambat, tales, sukun, pisang dan sebagainya. Sehingga ke depan diharapkan masyarakat tak hanya mengonsumsi beras sebagai makanan pokok sehari-hari

"Saya juga belajar ini bagaimana makanan beras ini bisa dicampur. Kami juga membuat resep mie dari talas, mie dari ketela pohon, mie dari ketela rambat. Sehingga nanti warga mungkin bisa memakan makanan yang selain beras, bisa yang lain," kata Risma di Balai Kota Surabaya, Minggu (19/7/2020).

Risma menjelaskan, dalam satu bulan kebutuhan beras warga di Surabaya sekitar 16.682.060 kilogram. Menurutnya, jika kebutuhan beras tidak segera diantisipasi, pihaknya khawatir berdampak kurangnya bahan pangan di masyarakat. Terlebih di masa pandemi seperti saat ini.

"Jadi karena itu kita siapkan (program kedaulatan pangan)," ungkap Risma.

Meskipun begitu, Risma tak berharap ketersediaan beras di Kota Surabaya tak mencukupi. Namun hal itu dilakukannya sebagai bentuk antisipasi. Untuk itu, ia mengaku telah melakukan penanaman di beberapa titik lokasi dengan memanfaatkan lahan kosong yang dimiliki Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya.

Tonton video 'Jokowi-Prabowo Siapkan Lumbung Pangan, Antisipasi Krisis Pangan':

Selanjutnya
Halaman
1 2 3