Gegara Ibunya Positif COVID-19, Pelajar SMA Ini Rawat 2 Adiknya Lebih 1 Bulan

Enggran Eko Budianto - detikNews
Jumat, 17 Jul 2020 10:57 WIB
Pelajar SMA Ini Rawat 2 Adiknya Sebulan Lebih Gegara Ibunya Positif Corona
Remaja ini rawat dua adiknya karena ibunya diisolasi (Foto: Enggran Eko Budianto/detikcom)
Jombang -

Pelajar SMA di Kabupaten Jombang terpaksa menggantikan tugas ibunya merawat dua adiknya selama satu bulan lebih. Remaja 17 tahun ini harus memikul tanggung jawab tersebut lantaran sang ibu diisolasi karena positif COVID-19.

Saat remaja seusianya bebas belajar dan bermain, Vani (17) harus merawat dua adiknya yang masih berusia 12 tahun dan 10 tahun. Memasak nasi, lauk dan sayur untuk sarapan sudah menjadi rutinitas pelajar kelas 12 SMA ini setiap pagi. Dirinya harus menghemat pemberian makanan dari tantenya yang tinggal sekampung.

Tidak hanya pekerjaan rumah, Vani juga harus mengajak bermain adik-adiknya di rumah. Di lain sisi, dia juga mengerjakan tugas-tugas dari sekolahnya.

"Kalau pagi masak untuk sarapan saya dan dua adik saya, kemudian bersih-bersih rumah, mencuci baju," kata warga Dusun Kandangan, Desa Kepuhkembeng, Kecamatan Peterongan, Kabupaten Jombang ini kepada wartawan, Jumat (17/7/2020).

Pekerjaan ibu rumah tangga itu terpaksa dilakukan Vani karena ibunya, Zulfadli Mursidah (37) diisolasi sejak Senin (15/6). Hingga kini, tugas merawat sendiri dua adiknya sudah dijalani selama 33 hari.

Semula sang ibu diisolasi di Tenis Indoor, Jalan Kusuma Bangsa, Jombang selama 13 hari. Karena saat itu hasil rapid test Mursidah reaktif.

Ibu lima anak itu lantas diisolasi di STIKES Pemkab Jombang Jalan Dr Soetomo karena positif COVID-19. Sampai hari ini Zulfadli masih diisolasi di tempat yang sama karena belum sembuh. Sedangkan ayah Vani meninggal dunia sekitar 8 bulan lalu.

"Sepi rasanya tidak ada ibu. Saya berharap ibu segera pulang. Kasihan adik-adik saya yang masih butuh kasih sayang ibu," ujar Vani.

Tonton video 'Pemerintah Jelaskan Definisi Kontak Erat Terkait COVID-19':

Selanjutnya
Halaman
1 2