Warga Pasuruan Bongkar Peti Jenazah Pasien Positif COVID-19

Muhajir Arifin - detikNews
Kamis, 16 Jul 2020 22:19 WIB
Warga Pasuruan Bongkar Peti Jenazah Pasien COVID-19
Saat warga Pasuruan membongkar peti jenazah pasien COVID-19 dan memakamkannya tanpa protokol yang ditetapkan/Foto: Tangkapan Layar
Pasuruan -

Warga Desa Rowogempol, Kecamatan Lekok Kabupaten Pasuruan merebut peti jenazah pasien yang dimakamkan dengan protokol COVID-19. Jenazah dalam peti dikeluarkan kemudian dimakamkan dengan normal. Fatalnya, pasien tersebut ternyata positif COVID-19.

Peristiwa ini bermula saat tim medis memakamkan pasien laki-laki berinisial AR (29) di TPU Desa Rowogempol, pukul 11.30 WIB. Seratusan warga desa yang dimotori keluarga pasien mengepung dan merebut peti jenazah.

"Warga sangat banyak, para petugas diancam," kata Wakil Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Pasuruan Anang Saiful Wijaya.

Anang menjelaskan, setelah direbut, peti jenazah dibawa ke rumah kemudian disalati di masjid. Saat itu, posisi peti masih tertutup sesuai protokol.

"Setelah disalati peti jenazah dibawa ke TPU untuk dimakamkan diantar ratusan warga," terang Anang.

Hal tidak terduga terjadi saat prosesi pemakaman. Warga membongkar peti dan memakamkan jenazah seperti pada umumnya. Pihak keluarga pasien yang menguburkan. Sedangkan peti di buang warga. Petugas tidak berkutik.

Selanjutnya
Halaman
1 2