Viral Video Pasien COVID-19 RS Saiful Anwar Malang Kabur

Muhammad Aminudin - detikNews
Rabu, 15 Jul 2020 13:40 WIB
viral pasien covid di malang kabur
Petugas membujuk pasien COVID-19 yang kabur (Foto: Tangkapan layar)
Malang -

Viral satu pasien COVID-19 kabur dari Rumah Sakit dr Saiful Anwar (RSSA) Kota Malang. Pasien tersebut baru saja melahirkan.

Dalam video berdurasi 1 menit 34 detik itu, terlihat petugas yang mengenakan alat pelindung diri (APD) keluar dari halaman gedung paviliun RSSA di Jalan Pattimura, Kecamatan Klojen, Kota Malang.

Sejumlah petugas itu tengah mencari satu pasien yang diduga kabur dari komplek rumah sakit. Suara warga dalam rekaman video menyebutkan ada pasien yang mencoba kabur dengan menumpang ojek online yang sedang di depan gedung paviliun.

Percakapan dalam rekaman video ikut menegaskan, ojol memilih menghindar saat pasien tersebut mendekati. Ketika akan diamankan petugas, pasien justru memilih untuk berlari ke arah timur.

RSSA sendiri membenarkan peristiwa dalam video tersebut. Rumah sakit milik Pemprov Jatim itu menegaskan bahwa status pasien yang kabur dalam penanganan medis setelah dinyatakan terpapar virus Corona.

"Pasien itu dirujuk karena ada diagnosis COVID-19. Pasien berjenis kelamin perempuan," ujar Direktur RSSA Dr. dr. Kohar Hari Santoso dalam keterangan resminya, Rabu (15/7/2020).

Kohar menegaskan peristiwa yang terekam video itu terjadi pada Selasa (15/7/2020) sekitar pukul 14.00 WIB sampai 14.30 WIB. Saat kejadian, pasien baru saja menjalani tindakan persalinan melalui operasi caesar.

"Sudah dilakukan tindakan persalinan serta dinyatakan sembuh dan dokter memperbolehkan pulang. Tetapi rupanya pasien tidak sabar dan melarikan diri," pungkas Kohar.

Sekedar diketahui, RSSA menjadi salah satu rumah sakit rujukan pasien COVID-19. Gedung paviliun dipilih sebagai sentral penanganan medis seluruh pasien.

(iwd/iwd)