Jemaah Salat Jumat Masjid Al Falah Gunakan Sajadah Darurat Cegah COVID-19

Amir Baihaqi - detikNews
Jumat, 10 Jul 2020 13:45 WIB
masjid al falah
Jemaah salat Jumat Masjid Al Falah (Foto: Amir Baihaqi)
Surabaya -

Masjid Al Falah kembali menggelar salat Jumat. Sebelumnya masjid yang berada di Jalan Darmo ini sempat meniadakan salat Jumat sekitar 15 pekan.

Pantauan detikcom di lokasi, sebelum memasuki masjid, jemaah harus melewati sejumlah protokol kesehatan. Hal itu dilakukan sebagai upaya sterilisasi untuk mencegah penyebaran virus Corona di masjid.

Adapun sejumlah protokol kesehatan itu seperti pengecekan suhu badan dan melewati bilik disinfektan. Tak hanya itu, bagi jemaah juga disediakan kantong plastik untuk alas kaki jemaah untuk menghindari kerumunan saat keluar.

Sedangkan bagi jemaah yang tidak membawa sajadah, petugas masjid juga membagikan sajadah darurat. Sajadah itu sendiri terbuat dari kain perlak berwarna hijau dan berukuran 60 x 60 cm.

Humas Masjid Al Falah Wirawan Dwi mengatakan jemaah masjid yang salat Jumat di masjid rata-rata merupakan pegawai kantor di sekitar Darmo. Untuk itu, sebagai antisipasi, pihak masjid kemudian menyediakannya.

"Jemaah Al Falah ini kan tempatnya di tengah kota dan jemaahnya kebanyakan dari karyawan kantor. Rasanya kami asumsikan gak mungkin bawa sajadah," kata Wirawan Dwi, Jumat (10/7/2020).

"Akhirnya kami siapkan sajadah darurat. Jadi sajadah yang kami buat ukuran 60x60 yang dapat men-cover kepala dan tangan, itu bisa dipakai," lanjut Wirawan.

Menurut Wirawan, jemaah tidak diperkenankan untuk membawanya pulang. Namun dikembalikan lagi dengan membiarkan saja di dalam masjid seusai salat.

"Tidak dibawa pulang tapi tetap dibiarkan di tempat salat. Nantinya ada petugas yang mengambilnya dan setelah itu masjid langsung disemprot dengan disinfekatan," tandas Wirawan.

Tonton video 'Masjid Nurul Islam Koja Gelar Salat Jumat 2 Gelombang':

(iwd/iwd)