1.798 Penghuni Ponpes Gontor 2 Rapid Test Massal

Charolin Pebrianti - detikNews
Kamis, 09 Jul 2020 18:22 WIB
Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni
Bupati Ipong (Foto: Charolin Pebrianti/detikcom)
Ponorogo -

Penanganan kasus positif COVID-19 di Pondok Modern Darussalam Gontor 2 dilakukan serius oleh Pemkab Ponorogo. Salah satunya dengan menggelar rapid test massal bagi 1.798 santri, guru, pembantu dan seluruh penghuni ponpes Gontor 2.

"Mulai hari ini kita akan melakukan testing besar-besaran, Insya Allah seluruh santri Pondok Gontor 2. Total ada 1.798 Santri, guru, pembantu dan seluruh penghuni pondok," tutur Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni kepada wartawan di Rumah Dinas Pringgitan, Jalan Alun-Alun Utara, Kamis (9/7/2020).

Ipong merinci 300 orang tersebut terdiri dari 177 Ustadz dan 123 Santri per hari ini. Sedangkan Jumat (10/7) besok, akan dilakukan rapid test ke 500 penghuni pondok.

"Testing ini dilakukan secara bertahap. Hal ini perlu untuk mengetahui status COVID dari santri maupun ustaz yang ada di dalam pondok tersebut," jelas Ipong.

Hingga saat ini, lanjut Ipong, sudah dilakukan rapid test dan swab kepada 98 orang. Tinggal sisa 1.700 penghuni pondok.

"Per hari ini, ada empat orang yang berasal dari Pondok Pesantren Gontor 2 Siman dinyatakan positif," terang Ipong.

Ipong menambahkan di dalam Ponpes Modern Darussalam Gontor 2 terdapat dua sub klaster. Pertama sub klaster Sidoarjo berawal dari 1 santri asal Sidoarjo yang dinyatakan positif kemudian dilakukan tracing dan ditemukan 98 kontak erat.

Selanjutnya
Halaman
1 2